Contoh Campuran Homogen

IJN.CO.ID – Disini kami akan membahas mengenai Contoh Campuran Homogen mulai dari pengertian, ciri-ciri dan juga apa saja contoh-contohnya. Maka dari itu simak penjelasan berikut ini yah.

Campuran umumnya terdiri dari dua zat atau bisa juga lebih. Salah satu jenis campuran yang kerap kali kita dengan dalam kehidupan sehari-hari adalah campuran homogen. Dapaun contoh campuran homogen sendiri cukup mudah kita temui.

Apalagi dalam cabang ilmu fisika campuran  ini menjadi salah satu kegiatan yang umum dimana para ilmuwan akan mencampurkan zat yang satu dengan zat lainnya. Lalu apa sebenarnya zat Homogen itu?

Apa saja contoh campuran Homogen? Simak pembahasna lengkapnya hanya disini!

Pengertian Campuran Homogen

Pengertian Campuran Homogen

Istilah Homogen berasal dari kata homo yang diartikan sama atau sejenis. Untuk itulah campuran Homogen bisa juga diartikan sebagai suatu campuran yang terbentuk dari dua zat atau lebih yang mempunyai kesamaan partikel penyusunnya sehingga sulit dan bahkan tak bisa dibedakan.

Selain itu Campuran homogen bisa juga diartikan sebagai suatu campuran zat penyusun yang tercampur dengan merata dan tak bisa dibedakan lagi karena sudah menjadi satu dengan sempurna. Campuran yang satu ini seringkali disebut dengan larutan

Campuran Homogen ini umumnya mempunya ibagian yang sama dalam segi warna, rasa maupun bentuk.

Perbandingan dari tia-tiap zat yang dicampurkan dibuat sama. Dengan begitu. Tidak ada lagi yang namanya bidang batas antara masing-masing komponennya

Selain itu biasanya partikel yang ada di campuran Homogen juga mempunyai ukuran yang sangat kecil sekitar 0,000000001 sehingga mata telanjang tak akan mampu melihatnya.

Bahkan jika kamu menggunakan mikroskop yang biasa tetap tidak bisa terlihat, dan harus menggunakan mikroskop khusus.

Inilah yang menjadi alasan kenapa campuran homogen sulit dan bahkan tidak bisa kamu pisahkan menggunakan kertas saring atau penyaring yang biasanya.

Meski campuran homogen tersebut tak dapat dilihat oleh mata maupun bantuan mikroskop biasa, tetap saja keberadaan larutan ini sangat diyakini.

Adapun wujud dari larutan ini sendiri juga tidak selalu berbentuk cairan dan bisa saja mempunyai wujud lain seperti logam dan gas

Ciri-Ciri Campuran Homogen

Ciri-Ciri Campuran Homogen

Meski tak bisa dilihat, namun campuran ini tetap mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis campuran yang lainnya. adapun ciri-ciri dari campuran homogen diantaranya:

  • Memiliki warna yang sama rata dan serupa. Kamu tidak akan bisa membedakan masing-masing zat penyusunnya karena dari awal sebelum dicampur kedua zat penyusun tersebut mempunyai warna yang sama. Jadi ketika dicampur keduanya melebur jadi satu kesatuan
  • Proses pemisahan campuran tak akan bisa kamu lakukan dengan menggunakan proses mekanis seperti dengan penyaringan. Sebaliknya proses pemisahan terbilang cukup sulit dan memerlukan usaha dan tingkat ketelitian yang ekstra
  • Partikel dari masing-masing zat penyusun tak bisa dibedakan. Umumnya zat penyusun dari campuran homogen hampir sama bahkan serupa baik berupa bentuk, ukuran maupun warnanya. Jadi sangat sulit dibedakan antara zat satu dengan lainnya
  • Campuran Homogen mempunyai rasa yang sama
  • Memiliki tingkat konsentrasi yang sama. setiap zat yang menjadi penyusun campuran homogen tak hanya rasa, bentuk dan warnanya saja yang sama. lebih dari itu bahkan tingkat konsentrasinya juga sama.
  • Campuran homogen mempunyaoi berbagai bentuk. Jadi tak hanya berbentuk cairan saja namun bisa berbentuk padat maupun gas.

Contoh-Contoh Campuran Homogen

Supaya kamu lebih mudah memahami pembahasan tentang campuran homogen, maka kamu harus melihat contoh campuran homogen.

Adapun beberapa contoh dari campuran homogen dalam kehidupan sehari-hari diantaranya:

1. Air

Air

Pada umumnya air mempunyai kandungan mineral yang terlarut dan gas. Adapun keduanya dilarutkan semuanya dalam air dan menjadi satu kesatuan. Contoh jelasnya adalah air sumur dan air hujan.

Kedua jenis air atau zat tersebut termasuk dalam zat homogen. Meskipun keduanya mungkin saja memiliki tingkat mineral gas terlarut yang berbeda satu sama lainnya

2. Obat Kumur

Obat Kumur

Biasanya suatu obat kumur mempunyai kandungan persentase alkohol tertentu yang dilengkapi dengan berbagai jenis bahan kimia yang berbeda.

Adapun tujuannya untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi supaya bisa tetap sehat, bersih dan nafas tetap segar.

3. Udara

Udara

Udara yang biasanya kita hirup termasuk dalam kategori campuran homogen. Adapun campurannya terdiri dari oksigen, karbondiaksida, argon, nitrogen dan beberapa senyawa maupun unsur lainnya dengan jumlah yang leih kecil.

Selain itu bumi sendiri memiliki beberapa lapisan atmosfer dengan tingkat kepadatan yang sudah pasti berbeda tiap lapisnya. Masing-masing dari lapisan tersebut juga termasuk dalam campuran homogen

4. Minuman

Minuman

Minuman yang kamu minum sehari-hari adalah salah satu bagian dari campuran Homogen. Contohnya saja sepertu susu, teh maupun jus buah.

Simak juga: Contoh Surat Pengunduran Diri

5. Cuka

Cuka

Cuka yang biasanya kita gunakanuntuk memasak atau pelengkap kebutuhan dapur juga termasuk dalam campuran homogen. Cuka sendiri terdiri dari campuran antara air dan asam asetat. Keduanya bisa tercampur dengan baik dan menghasilkan zat baru.

6. Detergen untuk Mencuci

Detergen untuk Mencuci

Detergen yang kita gunakan untuk mencuci pakaian sehari-hari juga merupakan campuran homogen. Adapun campurannya sendiri terdiri dari sabun dan bahan kimia yang dapat tetap menjaga pakaian supaya bersih, wangi dan lembut serta ,menghilangkan noda membandel

7. Logam

Logam

Campuran atau perpaduan antara dua logam murni termasuk dalam campuran homogen. Sebagai contoh adalah percmpuran antara baja dan perunggu.

Keduanya sama-sama loga yang dicampur dan akan melebur menjadi satu menjadi logam atau zat baru.

8. Kopi

Kopi

Minuman yang berwarna hitam dengan rasa manis ini tentunya sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Namun tahukah kamu jika ternyata kopi juga termasuk dalam kategori campuran homogen. Adapun kopi ini sendiri terdiri dari kopi yang diseduh dengan air

9. Minyak Wangi

Minyak Wangi

Minyak wangi yang sering kita gunakan merupakan salah satu dari contoh campuran homogen. Adapun campuran dari minyak wangi ini terdiri dari pewarna dan suatu bahan kimia.

Simak juga: Vektor Matematika

10. Larutan Gula

Larutan Gula

Larutan gula adalah campuran dari gula yang dimasukan ke dalam air. Gula kemudian akan larut dan menghilang dalam air yang akhirnya membentuk zat baru.

Adapun zat baru tersebut cukup berbeda dengan sifat dari zat penyusun awalnya. Zat baru itulah yang bisa kamu sebut dengan nama larutan gula.

Air yang awalnya tidak mempunyai rasa kemudian mempunyai rasa manis setelah dicampur gula.

Hal tersebut terjadi karena mengikuti sifat atau rasa dari zat keduanya yaitu gula. Hal ini berlaku sebaliknya gula yang tadinya berbentuk padat berubah jadi cair atau larutan.

11. Larutan Garam

Larutan Garam

Contoh campuran homogen yang ini terdiri dari garam dan air, dimana keduanya bercampur jadi satu dan membentuk zat baru yaitu larutan garam.

Jadi air yang awalnya tidak mempunyai rasa berubah menjadi asing sebaliknya garam yang bentuknya butiran jadi cair

Kedua zat tersebut saling mengikuti satu sama lain. Bahkan terlebur dan menyatu dengan sempurna sehingga akan sulit dilihat perbedaanya.

Akhir Kata

Apabila kita memahami penjelasan IJN diatas, mulai dari pengertian, ciri dan contoh campuran homogen, maka bisa diambil kesimpulan jika campuran ini sulit dibedakan.

Meski begitu tetap saja bisa dibedakan namun memang memerlukan cara khusus yang pastikan sangat sulit.