Clubhouse Sebut Pengguna Aktif Per Pekan Capai 2 Juta

Popularitas Clubhouse yang terus meroket jelas berpengaruh pada total unduhan aplikasi ini. Bahkan App Annie mencatat pertumbuhan aplikasi ini terjadi dalam waktu relatif singkat.

Dikutip dari Tech Crunch, pada 1 Februari 2021 App Annie memperkirakan jumlah unduhan Clubhouse secara global sekitar 3,5 juta, tapi pada 16 Februari 2021 jumlah unduhannya diprediksi melejit hingga 8,1 juta.

Adapun App Annie memperkirakan sekitar 2,6 juta lebih unduhan berasal dari Amerika Serikat. Kendati demikian, Clubhouse sendiri memang belum mengungkap secara resmi jumlah pengguna yang terdaftar di layanannya.

CEO Clubhouse Paul Davison pada Januari 2021 hanya menyebut pengguna aktif per pekanannya tumbuh hingga 2 juta. Dengan kata lain, jumlah pengguna aktif dan pengguna terdaftar bisa lebih besar.

Dorong Tumbuh Aplikasi Serupa

Keberhasilan Clubhouse ini disebut juga mendorong pertumbuhan aplikasi lain yang menawarkan layanan serupa. Beberapa di antaranya adalah Dizhua dan Tiya and Yalla yang berhasil menarik perhatian pengguna di Cina, Mesir, Arab Saudi, dan Turki.

Sebagai informasi, aplikasi ini sendiri menjadi ramai diperbincangkan setelah CEO SpaceX Elon Musk sempat berkicau tentang layanan ini di Twitternya. Padahal, aplikasi ini sudah hadir sejak Maret 2020 dan pada Mei 2020 aplikasi ini baru memiliki 1.500 pengguna.

Kesuksesan aplikasi ini memang terbilang menarik, sebab Clubhouse sebenarnya belum rilis penuh untuk publik dan baru bisa dipakai oleh pengguna perangkat iOS.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustinus Mario Damar

Berita terkait: