Cloud dan AI Jadi Model Bisnis Baru di Tengah Pandemi Covid-19

– Pandemi virus Corona (Covid-19) memaksa perusahaan lebih cepat melakukan transformasi digital . Perusahaan solusi kognitif dan cloud platform IBM percaya bahwa ekosistem bisnis memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu transformasi ini.

Banyak perusahaan mempercepat upaya memindahkan beban kerja ke cloud. Menurut Tan Wijaya, Presiden Direktur IBM Indonesia, mengatakan bahwa adopsi cloud telah menjadi fitur utama dalam mengembangkan model bisnis baru yang digerakkan secara digital.

Baru-baru ini, menurutnya, hasil penelitian IBM Institute for Business Value menunjukkan bahwa hybrid multi-cloud menjadi sangat fundamental dalam pengembangan model operasional sebuah organisasi, dalam membantu mereka mengawali langkahnya untuk menjadi Perusahaan Kognitif atau Cognitive Enterprise di masa depan.

“Saat ini, kami sepenuhnya mengandalkan hybrid cloud karena teknologi ini aman, dapat dioperasikan dengan mudah, terbuka, dan bebas dari vendor lock-in,” kata Tan Wijaya, dalam acara Partner Solutions Summit 2020 secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Cloud PS5

Logo IBM. (Shutterstock)
Logo IBM. (Shutterstock)

Menurut data yang dibagikan IBM, transformasi digital juga menjadi prioritas dengan fokus yang kuat pada cloud dan minat yang meningkat pesat pada AI.

Prioritas pada teknologi telah meningkat sebesar 81 persen sementara AI meningkat 57 persen dalam dua tahun. Selain itu, seluler, sosial, dan IoT juga secara signifikan meningkat masing-masing 72 persen, 70 persen, dan 66 persen dalam dua tahun.

Untuk menjangkau pelanggan di Indonesia baik komersial maupun enterprise, IBM menggandeng beberapa partner, salah satunya PT Metrodata Electronics dengan Digital Business Platform Solutions dan Metrodata Managed Service Security Provider serta PT Sinergi Wahana Gemilang.

“Teknologi IBM mendukung kami melalui aplikasi Mobile Wallet dengan mengintegrasikan back end system yang dijalankan di atas platform IBM,” ucap Sjafril Effendi, Direktur PT Metrodata Electronics.

Selain itu, IBM juga kembali menggelar acara tahunan Partner Solutions Summit 2020 yang bertujuan untuk berbagi wawasan dalam meningkatkan bisnis para pelanggan dengan menggunakan teknologi IBM.

Baca Juga: Sukses Transformasi Digital, Bank BJB Raih The Best IT for BPD Company 2020

Berita terkait: