Ciri-Ciri Sakit Pinggang, Ketahui Penyebab Hingga Cara Mengobati

Terdapat banyak gangguan kesehatan yang memunculkan ciri-ciri sakit pinggang . Sakit pinggang menjadi salah satu gangguan yang bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri pada pinggang hingga seputaran perut pun tak dapat dihindari dan bisa menjadi malapetaka bila tak segera ditangani.

Meski terkadang terasa nyeri tak tertahankan, namun banyak orang yang menganggapnya wajar dan tak perlu dirisaukan. Padahal, ciri-ciri sakit pinggang tersebut bisa jadi mengindikasikan bahwa Anda sedang mengidap penyakit tertentu.

Banyak organ penting yang terletak tepat di dekat pinggang. Mungkin saja, pinggang yang terasa nyeri tersebut merupakan akibat dari adanya berbagai gejala penyakit ringan hingga kronis. Jika tak segera diatasi, hal ini bisa jadi mengganggu sistem kerja organ lain di dalam tubuh.

Jadi, ada baiknya bagi Anda untuk selalu waspada dengan mengetahui ciri-ciri sakit pinggang hingga berbagai penyebabnya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

Ciri-ciri Sakit Pinggang

Dilansir dari situs halodoc , ciri-ciri sakit pinggang tersebut bisa menghampiri di kala tubuh mengalami gangguan. Pengidapnya seringkali merupakan kaum wanita yang rentan mengalami sakit pinggang karena berbagai aktivitas berat sehari-hari.

ilustrasi sakit pinggang

©hopkinscommunications.ie

Sakit pinggang tersebut mulai dirasakan dari bawah tulang rusuk atau yang kerap disebut dengan lumbar. Menginjak usia kepala tiga, biasanya orang-orang juga akan lebih rentan menderita nyeri di bagian pinggang hingga sekelilingnya.

Ada beberapa orang dengan faktor risiko yang rawan mengalami sakit pinggang. Beberapa faktor risiko tersebut ialah penderita obesitas, orang yang seringkali duduk terlalu lama, serta kebiasaan untuk mengangkat barang-barang berat yang banyak melibatkan otot pinggang.

Penyebab Sakit Pinggang

Ada banyak penyebab dari munculnya sakit pinggang yang terasa nyeri hingga mengganggu rutinitas sehari-hari. Dari beberapa gejala yang dirasakan tersebut, ada baiknya bagi penderita untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
Sebab, sakit pinggang dapat menjadi tanda dari berbagai penyakit berikut ini.

ilustrasi sakit punggung

©iStock

Batu Ginjal

Ciri-ciri sakit pinggang bisa jadi menjadi pertanda bahwa penderita mengalami gangguan organ tertentu seperti batu ginjal. Penyakit batu ginjal bisa terjadi sebagai penumpukan dari berbagai zat-zat kimia di dalam jaringan.

Saat menderita batu ginjal, penderita biasanya mudah untuk mengalami sakit pinggang di sebelah kiri. Jika dibiarkan, batu ginjal tentu akan mempengaruhi berbagai kinerja organ penting lainnya.

Infeksi Ginjal

Selain batu ginjal, ciri-ciri sakit pinggang tersebut juga bisa menjadi pertanda akan munculnya infeksi parah di bagian organ yang mirip dengan bentuk kacang kedelai tersebut. Infeksi ginjal bisa terjadi saat terdapat gangguan pada kandung kemih yang menyebar ke ginjal.

Penyakit ini biasanya muncul bersamaan dengan rasa nyeri yang ada di bagian belakang tulang. Selain itu, penderita akan sering mengalami muntah, mual, hingga demam tinggi.

Radang Sendi Panggul

Ciri-ciri sakit pinggang yang dirasakan berulang kali bisa menjadi pertanda munculnya penyakit radang sendi panggul. Meski disebut sebagai sendi yang cukup kokoh, namun panggul sebenarnya menjadi daerah yang rawan terkena gangguan seperti kaku, nyeri, hingga meradang.

Radang sendi panggul bisa terjadi lantaran adanya robekan kecil pada salah satu jaringan pada sendi panggul. Hal ini lah menyebabkan sakit yang luar biasa pada penderita radang sendi panggul.

Otot Tertarik

Penyebab sakit pinggang yang berikutnya adalah adanya otot yang tertarik hingga menjauh dari lokasi sebenarnya. Gangguan ini seringkali disebut dengan keseleo yang dapat terjadi lantaran adanya otot yang berkontraksi dengan gerakan mengejutkan.

Tak hanya itu, gangguan otot tertarik ini bisa juga akibat dari gerakan saat berhubungan intim ataupun olahraga yang tak diimbangi dengan pemanasan. Pada kasus yang fatal, kram hingga nyeri pada sakit pinggang yang satu ini bisa mengakibatkan rasa sakit di seputaran bokong. Parahnya, hal ini dapat terjadi selama berminggu-minggu.

Iritasi Saluran Pencernaan

Penyebab munculnya ciri-ciri sakit pinggang selanjutnya adalah gangguan iritasi usus atau saluran pencernaan. Di dunia medis, hal ini seringkali disebut dengan istilah irritable bowel syndrome yang diakibatkan adanya gerakan kontraksi secara tidak teratur pada otot-otot usus.

Umumnya, penderita akan mengalami rasa nyeri berlebih di bagian kiri perut. Meski bisa pulih dengan cepat, namun tak ada salahnya bagi penderita untuk segera melakukan konsultasi secara berkala ke fasilitas kesehatan.

Cara Mengobati Sakit Pinggang

Setelah mengetahui ciri-ciri sakit pinggang hingga penyebabnya, Anda juga perlu untuk memahami cara menanganinya dengan tepat. Jika sakit pinggang tersebut dirasa terlalu parah, Anda bisa saja untuk segera memeriksakan diri untuk segera mendapatkan tindakan.

sakit pinggang

©2020

Namun bagi Anda yang hendak meredakannya dengan cara-cara tertentu, langkah berikut ini bisa menjadi referensi. Berikut merupakan cara meredakan sakit pinggang yang bisa Anda lakukan sendiri:

  • Hindari untuk terlalu lama berbaring.
  • Tetap aktif bergerak dan berolahraga.
  • Kompres dengan air dingin atau panas.
  • Meningkatkan kelenturan otot dan tubuh dengan sering melakukan stretching sehat dan tepat.
  • Istirahat dengan posisi yang tepat.
  • Menghindari asap rokok dan polusi udara.

Berita terkait: