CEK FAKTA: Hoaks Video Kapten Afwan Sedang Bernyanyi

Beredar sebuah video yang disebut-sebut saat pilot Sriwijaya Air SJ182 Kapten Afwan sedang bernyanyi. Pria tersebut sekilas memang mirip dengan Kapten Afwan.

hoaks video kapten afwan sedang bernyanyiKominfo

” Sang pilot pesawat Sriwijaya Air Alm. Captain Afwan … suaranya merdu dan benar2 telah berpamitan,,,, Selamat jalan menghadap sang Khaliq ya Capt,,, segala amal,, kebaikan dan tausiah2mu akan selalu terkenang disanubari kita semua,,,, Aamiin,,, aamiin,,, yra,, “

Penelusuran

Menurut penelusuran video pria dalam video tersebut bukan Kapten Afwan. Dalam artikel Tribunnews berjudul “CEK FAKTA : Video Diduga Kapten Sriwijaya Air SJ 182 Kapten Afwan Bernyanyi Ternyata Hoax” dijelaskan bahwa pria tersebut hanya warga biasa bernama Abdul Gharuf.

Rupanya sosok penyanyi di video tersebut bukanlah Kapten Afwan.

Penyanyi yang ada di dalam video itu bernama Abdul Ghafur (63), warga asal Sumenep, Jawa Timur.

keponakan Abdul Gharuf, Evi mengatakan kalau video yang beredar dan menyebut Kapten Afwan sedang menyanyi adalah hoaks.

“Tolong diklarifikasi, ada video paman saya yang beredar dan orang gak bertanggung jawab mengatasnamakan video itu almarhum Kapten Afwan, jadi semua orang sudah dibohongin oleh pihak tidak bertanggung jawab,” ucapnya melalui pesan singkat kepada TribunBanten.com.

Pria yang akrab disapa Abah Ghafur itu memang sering meng-cover lagu, dan videonya diunggah ke channel YouTube Abdul Ghafur.

Untuk video yang beredar tersebut, rupanya sudah diunggah di channel YouTube-nya pada Selasa 12 Januari 2021.

Kesimpulan

Video saat Pilot Sriwijaya Air SJ182 Kapten Afwan sedang bernyanyi adalah hoaks. Pria yang bernyanyi bernama Abdul Gharuf, warga asal Sumenep, Jawa Timur.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berita terkait: