CEK FAKTA: Hoaks Puluhan Karyawan PT Bakrie Autoparts Bekasi Positif Covid-19

Sebuah postingan menyebutkan puluhan karyawan PT Bakrie Autoparts Bekasi positif Covid-19. Postingan itu menyebutkan bahwa 44 karyawan PT. Bakrie Autoparts Bekasi positif Covid-19, bahkan salah satunya meninggal.

hoaks puluhan karyawan pt bakrie autoparts bekasi positif covid 19

Kominfo

” Selanjutnya informasi terkait 44 karyawan PTakrie Autoparts Bekasi positif corona bahkan pekan lalu salah satunya meninggal, tetapi Pemkot Bekasi tidak menutup dan tidak ada kebijakan WFH “.

Penelusuran

Penjelasan terkait puluhan karyawan PT Bakrie Autoparts Bekasi positif Covid-19 dijelaskan dalam laman resmi Bekasikota.go.id berjudul “BEREDAR INFO 44 KARYAWAN PT. BAKRIE AUTOPARTS POSITIF CORONA, PEMKOT BEKASI : HOAX” pada 15 September 2020.

“Beredar kabar di media sosial Twitter dengan akun “Podoradong” bahwa ada 44 karyawan PT. Bakrie Autoparts Bekasi Positif Corona bahkan salah satunya meninggal .

Pihak PT. Bakrie Autoparts menegaskan bahwa kabar itu tidak benar atau hoaks, hal ini disampaikan oleh HR & GA Departemen PT. Bakrie Autoparts, Budi Utomo saat ditemui langsung di kantornya, senin (14/09/2020).

Berikut isi konten akun di Twitter @Podoradong “Selanjutnya informasi terkait 44 karyawan PT. Bakrie Autoparts Bekasi positif corona bahkan pekan lalu salah satunya meninggal, tetapi Pemkot Bekasi tidak menutup dan tidak ada kebijakan WFH”.

Dengan adanya pemberitaan tersebut di medsos yang kami terima pada tanggal 13 September 2020 mengganggu perusahaan, banyak customer kami menghubungi untuk menanyakan kebenaran berita tersebut, ucap Budi.

Dijelaskan Budi bahwa PT. Bakrie Autoparts semenjak adanya instruksi dari Pemerintah pada Maret lalu untuk menerapkan Protokol Kesehatan di wilayah perusahaan, manajemen perusahaan langsung mengikuti kebijakan pemerintah tersebut dengan membuat edaran kepada seluruh karyawan PT. Bakrie Autoparts tentang penerapan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan.

Kami juga langsung melaporkan pemberitaan Hoaks tersebut kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti mengatakan dirinya langsung berkoordinasi dengan manajemen PT. Bakrie Autoparts terkait pemberitaan yang beredar tersebut. “saya sudah menerima laporan dari pihak manajemen bahwa berita tersebut tidak benar atau Hoaks,” ujar Ika.

Pemerintah meminta kepada masyarakat untuk jeli menerima informasi dan selalu mengecek kebenaran setiap informasi terlebih dulu sebelum menyebarkannya. “Jangan sampai informasi hoaks tersebut menjadi viral sehingga dapat merugikan orang lain,” tandasnya.”

Kesimpulan

Informasi puluhan karyawan PT Bakrie Autoparts Bekasi positif Covid-19 adalah hoaks. Pihak PT Bakrie Autoparts membantah kabar tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]