CEK FAKTA: Hoaks Minum Air Tonik dan Seng Mengandung Kina Bisa Cegah Covid-19

Informasi khasiat seng yang mengandung air tonik untuk mencegah Covid-19 beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa air tonik mengandung kina dan meningkatkan intensitas seng, dapat mencegah Covid-19.

” Saya bukan dokter atau praktisi medis, tetapi Rozanne dan saya telah mengonsumsi Zinc dosis reguler dengan pengejar air tonik. Kami tetap sehat dan bebas Covid-19 sejauh ini. Saya menyarankan semua orang melakukan hal yang sama. Air tonik mengandung kina dan meningkatkan intensitas Seng. Pencegahan hebat terhadap Covid dan dokter saya setuju! “

Penelusuran

Profesor virologi di Reading University di Inggris, Ian Jones, mengatakan bahwa mengonsumsi seng tidak dapat mencegah atau mengobati Covid-19.

“Seng adalah logam beracun dan meskipun memang menghambat beberapa enzim virus, tingkat yang dibutuhkan tidak akan dapat ditolerir dalam tubuh,” katanya dilansir dari AFP, Sabtu (21/11/2020).

National Institutes of Health (NIH), Amerika Serikat (AS), mengatakan suplementasi seng sendiri atau dikombinasikan dengan hydroxychloroquine untuk mencegah dan mengobati Covid-19 saat ini masih dievaluasi dalam uji klinis.

NIH menegaskan, tidak ada cukup data untuk merekomendasikan baik tidaknya penggunaan seng untuk pengobatan Covid-19.

Narasi di media sosial juga menyarankan minum air tonik yang mengandung kina dapat meningkatkan intensitas seng.

Profesor di Riverside School of Medicine Center for Health Communities University of California Brandon Brown mengatakan, kina dalam air tonik tidak dapat berfungsi sebagai obat untuk Covid-19.

“Anda harus minum tonik lebih dari 10 kali lebih banyak daripada air minum manusia per hari untuk mendekati efek obat yang serupa. Itu tidak mungkin,” katanya dikutip AFP.

Rata-rata dalam sehari manusia minum sekitar dua liter air.

Menurut situs kesehatan Healthline, kina dosis kecil dalam air tonik aman dikonsumsi. Food and Drug Aministration (FDA) AS mengizinkan air tonik mengandung tidak lebih dari 83 bagian per 1 juta kina.

Kina dalam air tonik cukup diencerkan untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul, seperti mual, diare, muntah, dan gugup.

Efek samping yang lebih serius mencakup masalah pendarahan, kerusakan ginjal, detak jantung abnormal, dan reaksi alergi berat.

Kesimpulan

Informasi minum air tonik dan seng yang mengandung kina bisa cegah Covid-19 adalah hoaks. Kina dalam air tonik tidak dapat berfungsi sebagai obat untuk Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berita terkait: