CEK FAKTA: Hoaks Gelang Power Balance Bisa Menangkal Virus Corona

Sebuah akun Twitter @Ammarah_07 mengunggah foto gelang power balance yang dinarasikan bisa mencengah penularan virus Covid-19.

Berikut narasinya

“Only these bands will save us from Corona Virus.”

Jika diterjamahkan dalam Bahasa Indonesia:

“Hanya gelang ini yang akan menyelamatkan kita dari Virus Corona.”

hoaks gelang power balance bisa menangkal virus coronaTwitter

Penelusuran

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi. Dia memastikan klaim ini menyesatkan.

“Hoaks ya ini. Sepertinya belum ada uji klinisnya ya,” kata dr Siti Nadia Tarmizi membalas WhatsApp Liputan6.com pada Jumat (22/1/2021).

Selain itu, Kepala penelitian dari Universitas Wisconsin-Lacrosse John Porcari. Ia adalah professor bidang ilmu keolahragaan yang telah berpengalaman meneliti alat-alat olahraga mengatakan tidak ada manfaat bagi kesehatan jika memakai gelang power balance.

“Tidak ada sesuatu apapun di dalamnya. Semua itu ada di dalam pikiran pemakainya. Bila ia merasa performanya meningkat dengan menggunakan Power Balance, maka hal itu terjadi. Benda ini mempengaruhi pola pikir saja,” kata Porcari.

Sebelumnya pada tahun 2011, Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC/Australian Competition and Consumer Commission) mengatakan gelang Power Balance tidak memiliki manfaakan untuk kesehatan.

Dilansir dari detikcom, ACCC memerintahkan Power Balance Australia untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen karena telah disesatkan manfaatnya. Kebijakan dari Australia ini akhirnya berdampak ke seluruh Power Balance dunia termasuk di Indonesia.

Power Balance akhirnya mengakui bahwa tidak ada dasar ilmiah yang kredibel untuk menguatkan klaim manfaat tersebut.

Kesimpulan

Gelang power balance yang diklaim bisa mencengah penularan virus Covid-19 adalah hoaks. Faktanya gelang power balance tidak memiliki manfaakan untuk kesehatan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berita terkait: