CEK FAKTA: Hoaks Foto Jokowi Siap Memimpin Tiga Periode

Beredar foto Presiden Joko Widodo di media sosial yang menampilkan Jokowi sedang mengangkat tiga jari sambil tersenyum.

Foto tersebut diberi tulisan ” Kalian Siap Saya Pimpin Tiga Periode “.

hoaks foto jokowi siap memimpin tiga periode

©Liputan6.com

Penelusuran

Cek Fakta menelusuri klaim foto Jokowi siap pimpin tiga periode. Faktanya, foto tersebut ketika Jokowi usai memberikan pidato kemenangan Pilpres 2014 di kawasan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Salah satu dimuat situs berjudul “Jokowi saat pidato kemenangan di atas kapal Pinisi” pada 23 Juli 2014.

jokowi pidato di atas kapal pinisi

©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Foto tersebut diberi keterangan Jokowi dan JK menyampaikan salam tiga jari usai pidato kemenangan.

Sementara itu, dilansir dari detik.com berjudul ” Jokowi: Usulan Presiden 3 Periode Menjerumuskan Saya ” dimuat pada 2 Desember 2019. Presiden Jokowi menolak usulan jabatan presiden menjadi tiga periode. Bahkan Jokowi merasa usulan itu seperti hendak mendorongnya supaya jatuh tersungkur.

“Usulan itu menjerumuskan saya,” kata Jokowi lewat akun Twitter resminya yang bercentang biru, @ jokowi , Minggu (2/12/2019).

Jokowi menyatakan, dia adalah produk pemilihan presiden yang dipilih langsung oleh rakyat, berdasarkan konstitusi yang mengatur masa jabatan presiden maksimal dua periode.

“Saya adalah produk pemilihan langsung berdasarkan UUD 1945 pasca reformasi. Posisi saya jelas: tak setuju dengan usul masa jabatan Presiden tiga periode,” cuit Jokowi di kalimat pertamanya.

Menyelesaikan masalah tekanan dari pihak luar dinilai sebagai tugas yang lebih penting ketimbang mewujudkan wacana masa jabatan presiden tiga periode.

“Saat ini lebih baik kita konsentrasi melewati tekanan eksternal yang tidak mudah diselesaikan,” kata Jokowi.

Kesimpulan

Klaim foto Jokowi siap pimpin tiga periode adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, foto tersebut diambil ketika Jokowi usai memberikan pidato kemenangan Pilpres 2014 di kawasan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berita terkait: