Cegah Penularan COVID-19, BMW Astra Luncurkan Saling Menjaga 

Semarang, – Pandemik COVID-19 berdampak pada hampir semua sektor, termasuk otomotif. Kendati demikian, untuk bisa bangkit dan beradaptasi di kebiasaan baru BMW Astra berupaya meningkatkan standar layanan kepada pelanggan sesuai protokol kesehatan COVID-19.

1. BMW Astra luncurkan program Saling Menjaga di masa pandemik COVID-19

Cegah Penularan COVID-19, BMW Astra Luncurkan Saling Menjaga CEO BMW Astra, Fredy Handjaja menyampaikan program Saling Menjaga. /Anggun Puspitoningrum

Upaya itu dilakukan dengan menerapkan program Saling Menjaga. Program tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi pelanggan. 

CEO BMW Astra, Fredy Handjaja, mengatakan pihaknya terus belajar untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru, bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, namun juga untuk melindungi orang lain. 

‘’Maka, yang kami tempuh dengan meningkatkan fasilitas yang lebih mutakhir seperti pemeriksaan suhu kini menggunakan kamera pembaca suhu yang secara otomatis mendeteksi suhu tubuh dan memberikan peringatan jika karyawan atau pelanggan tidak menggunakan masker,” katanya saat meluncurkan program Saling Menjaga secara daring, Sabtu (17/10/2020).

Baca Juga: Tak Cuma Mobil Baru, BMW Astra Ternyata Juga Menjual Mobil Bekas 

2. Kamera pemindai suhu tubuh digunakan untuk pelanggan dan karyawan

Cegah Penularan COVID-19, BMW Astra Luncurkan Saling Menjaga Pelanggan BMW Astra melakukan pengecekan suhu tubuh melalui kamera pemindai. Dok. BMW Astra.

Kemudian, kamera pemindai wajah tersebut juga digunakan untuk absensi karyawan sehingga  setiap karyawan yang hadir dapat dilakukan pemeriksaan suhu sekaligus absensi tanpa sentuhan seperti sebelumnya yang menggunakan absen sidik jari. 

‘’Dengan penerapan protokol ketat kepada karyawan, kami optimis juga dapat menjaga para pelanggan BMW Astra,” kata Fredy.

Lanjutkan membaca artikel di bawah Editor’s picks

  • Jateng dan 9 Provinsi ini Sumbang 95 Persen Kematian Corona Indonesia
  • Aksi Demo Ricuh, Mahasiswa Terluka, Gerbang Kantor Gubernur Jateng Dijebol
  • Bruk! Gerbang Kantor DPRD Jateng Roboh, Pendemo Tolak UU Cipta Kerja

Setelah pelanggan melakukan pemeriksaan suhu tubuh, pelanggan wajib mengisi data diri dengan scan QR Code pada layar menggunakan ponsel. Cairan pembersih tangan tersedia juga dalam satu alat yang sama. Pelanggan BMW Astra dapat melihat progres servis kendaraan melalui layar monitor di area tunggu yang bertujuan untuk meminimalisir kontak langsung.

3. Layanan servis kendaraan pun ditambah dengan penyemprotan disinfektan

Cegah Penularan COVID-19, BMW Astra Luncurkan Saling Menjaga /Anggun Puspitoningrum

Fredy menjelaskan, karyawan dan pelanggan adalah aset berharga, untuk itu pihaknya berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan kerja dengan melakukan interior disinfectant fogging sebelum dan setelah melakukan pengerjaan kendaraan. 

‘’Penyemprotan disinfektan ini satu hal yang berbeda dalam layanan servis kendaraan di BMW Astra. Sebab, untuk memberikan fasilitas ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, tanpa perlu berinteraksi dengan teknisi, pelanggan dapat melihat perkembangan servis dari secara real time,’’ jelasnya.

4. Pick up service diterapkan apabila pelanggan enggan datang ke bengkel saat pandemik

Cegah Penularan COVID-19, BMW Astra Luncurkan Saling Menjaga /Anggun Puspitoningrum

Apabila pelanggan membutuhkan servis kendaraan, tapi enggan datang ke bengkel BMW Astra juga melayani pick up service. Petugas akan datang ke rumah pelanggan untuk mengambil mobil dan akan mengembalikan ke rumah jika sudah selesai. Demikian juga bagi yang ada masalah dengan mobil saat di jalan dapat memanfaatkan mobile service dengan menghubungi bengkel terdekat. 

Sementara itu, BMW Astra juga secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh karyawan serta menyediakan vitamin untuk memastikan kondisi seluruh tim BMW Astra dalam kondisi prima.

“Dalam kondisi seperti ini kita tidak bisa hanya memikirkan diri sendiri, protokol ini kami terapkan untuk seluruh karyawan dan pelanggan karena dengan saling menjaga kita bisa melewati pandemik ini bersama-sama.” tandasnya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Bikin Traffic dan Tarif Tol Astra Infra Babak Belur

Berita terkait: