Cegah Covid-19, Salat Iduladha di Lapangan Merdeka Medan Ditiadakan

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan memutuskan tidak menggelar salat Iduladha secara berjamaah di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, akhir Juli 2020 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Agama Setda Kota Medan, Agus Maryono menyampaikan, salat berjamaah pada hari besar keagamaan itu bisa dilaksanakan di masjid dan lapangan terbuka di kecamatan.

“Berdasarkan surat edaran dari Menteri Agama Nomor 18/2020, salat berjamaah Iduladha diperkenankan dilakukan di lapangan dengan catatan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Agus, Selasa (28/7/2020).

Agus mengatakan, salat Iduladha tidak dilaksanakan di Lapangan Merdeka Medan karena jumlah jamaah yang melaksanakan salat biasanya membeludak, bahkan bisa mencapai 8.000 orang.

“Jamaah yang datang dari berbagai penjuru di Medan. Padahal, seluruh kecamatan sudah zona merah Covid-19. Dengan jumlah sebanyak itu, kita sulit untuk menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Karena itu, Pemkot Medan mengambil alternatif agar salat Iduladha dapat dilaksanakan di setiap lapangan terbuka di kecamatan. Dengan catatan, salat berjamaah ini mengambil jarak 1 meter.

“Pemerintah juga menyediakan sarana mencuci tangan menggunakan sabun bagi jamaah yang mengikuti salat berjamaah tersebut,” sebutnya.  

Berita terkait: