CDT rilis sistem pengelolaan cloud terpadu Nebula Cloud Console

Jakarta – Central Data Technology (CDT), anak perusahaan CTI Group yang juga penyedia platform manajemen cloud, meluncurkan Nebula Cloud Console (NCC) yang didesain untuk membantu perusahaan mengelola beban kerja dan layanan cloud melalui single web interface.

Dengan NCC, perusahaan dapat men- deploy , mengoperasikan, mengoptimalkan, menambah layanan, hingga memesan layanan dukungan 24 jam saat menghadapi kendala dalam penggunaan layanan cloud dari AWS (Amazon Web Services), menurut CDT dalam pernyataan persnya, Jumat.

“Penggunaan layanan cloud , termasuk AWS merupakan realitas yang banyak dilakukan perusahaan atau organisasi, dan seringkali hal ini justru menghadirkan kerumitan tersendiri. Namun, dengan fakta bahwa komputasi cloud menjadi kunci perusahaan dalam membangun daya saing di era digital tentu strategi untuk mengesampingkan atau menunda adopsi layanan cloud bukan menjadi pilihan,” kata Presiden Direktur CDT, Lugas M Satrio.

Baca juga: Kominfo: Pentingnya pilar-pilar untuk capai transformasi digital

Opsi yang tersedia adalah bagaimana perusahaan mampu beradaptasi, memfasilitasi, menyelaraskan dan mengoptimalkan berbagai layanan cloud yang harus diimplementasikan.

“NCC hadir untuk membantu perusahaan menyederhanakan pengelolaan layanan cloud yang digunakan sekaligus selalu terhubung dengan layanan dukungan 24/7 secara lebih efisien,” katanya.

Gartner menganalisa belanja teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk layanan cloud akan meningkat pesat hingga 2022. Pada tahun 2022 peningkatannya dipredikasi akan mencapai 28 persen dan perusahaan yang tidak menerapkan cloud akan kalah bersaing.

Untuk tahun ini, Gartner memprediksi sekitar 75 persen perusahaan dan organisasi skala menengah dan enterprise akan mengadopsi strategi multicloud dan/atau hybrid IT. Namun, peningkatan adopsi komputasi cloud itu juga menghadirkan sejumlah tantangan bagi para chief information officer dan IT manager.

Hasil riset IDC Multicloud Management Survey 2019 mengungkap tantangan pengelolaan cloud lain; kurang optimalnya kemampuan staff IT, masalah keamanan yang kurang konsisten dan sulitnya mengontrol pengeluaran untuk infrastruktur cloud.

CDT sebagai Advanced Consulting Partner dari AWS mengembangkan NCC beroperasi di atas AWS sebagai platform infrastrukturnya dan menerapkan layanan keamanan sesuai dengan standard best practice dari AWS.

Menurut Fenny, GM CDT, ada empat fitur utama NCC, yakni pusat notifikasi terintegrasi, tagihan terpusat, single dashboard untuk support ticket , dan single dashboard untuk memonitor AWS Health Check.

Baca juga: Red Hat tunjuk pimpinan baru di Asia Pasifik dan Amerika Utara

Baca juga: Cloudera Data Platform kini tersedia di Google Cloud

Baca juga: AI hingga otomasi, tren teknologi “enterprise” utama di 2021

Berita terkait: