Cara pasang iOS 14 dan iPadOS 14

Jakarta () – Apple baru saja merilis sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone dan ipad, yakni iOS 14 dan iPadOS 14.

Kedua sistem operasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur baru, iOS 14 lain bisa menambahkan widget ke layar home, menonton video secara picture-in-picture dan aplikasi penerjemahan, seperti dikutip dari laman The Verge.

Sementara di iPadOS 14, pengguna bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks. Kedua OS itu juga mendapat perbaikan untuk Maps, Messages, Safari dan Siri.

Jika ingin memasang sistem operasi terbaru ini, pastikan perangkat sudah mendukung, yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X dan iPhone 8.

Baca juga: Apple hadirkan jajaran iPad, mulai iPad Gen 8 hingga iPad Air terbaru

Baca juga: Apple luncurkan Watch Series 6, bisa ukur oksigen dalam darah

Selain gawai-gawai tersebut, para pengguna gawai ini juga bisa merasakan iOS 14, yaitu iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE generasi pertama dan kedua, serta iPod Touch generasi ketujuh.

Setelah memastikan gawai mendukung perangkat lunak tersebut, buka pengaturan atau Settings, kemudian pilih General.

Ketuk Software Update, kemudian Download and Install dan ikuti petunjuk selanjutnya. Ponsel akan mengunduh terlebih dulu iOS 14.

Setelah mengunduh, ponsel akan mulai memasang perangkat lunak ini. Selama memasang, ponsel tidak bisa digunakan.

Durasi memasang sistem operasi bisa berlangsung hingga 15 menit atau lebih, pastikan daya baterai cukup. Pengguna juga bisa memilih waktu saat mereka tidak banyak mengakses gawai saat memasang perangkat lunak ini.

Cara yang sama berlaku untuk memasang iPadOS 14. Perangkat yang mendukung sistem operasi ini adalah iPad Pro 12,9 inci generasi keempat, iPad Pro 11 inci generasi kedua, iPad Pro 12,9 inci generasi ketiga, iPad Pro 11 inci generasi pertama, iPad Pro 12,9 inci generasi pertama dan kedua.

Selain itu, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad generasi kelima sampai kedelapan, iPad mini 4, iPad mini generasi kelima, iPad Air 2 serta iPad Air generasi ketiga dan keempat juga bisa dipasangi iPadOS 14.

Baca juga: iOS 14 versi final dirilis, ini daftar perangkat yang kebagian

Baca juga: LinkedIn dituduh ambil data pengguna Apple