Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Efektif, Cegah Tertular Covid-19

Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu upaya paling efektif dalam membantu mencegah penularan virus Corona (Covid-19). Pada dasarnya, tubuh manusia sebenarnya sudah memiliki sistem imun sendiri untuk melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Namun, ada beberapa hal yang justru melemahkan sistem imun atau daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, fungsi sistem imun perlu senantiasa dijaga agar daya tahan tubuh kuat. Hal tersebut tentunya bisa dilakukan dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Berikut beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif, agar terhindar dari infeksi virus Corona, dilansir dari laman alodokter dan berbagai sumber:

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara pertama dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang kaya akan anti-oksidan demi membantu melawan radikal bebas. Untuk menjaga imunitas, diperlukan juga asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Seperti vitamin dan mineral, untuk kinerja tubuh dan organ agar terjaga dengan baik.

Dilansir dari laman alodokter, untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh disarankan untuk meperbanyak konsumsi buah dan sayur. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

poster kemenkes

Instagram/@gizimasyarakatkemenkes ©2020

Adapun asupan buah yang bisa dikonsumsi meliputi pisang, jeruk, alpukat, nanas, apel, pepaya, manggis, dan lainnya. Selain itu, konsumsi sayuran yang kaya serat juga bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sayur yang bisa dikonsumsi mulai dari segala macam sayur berdaun hijau, terong, tauge, labu, dan lainnya. Setiap harinya, pastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan gizi yang seimbang dari makanan yang dikonsumsi.

Saat mengolah bahan makanan, pastikan juga sayur dan buah telah dicuci dengan bersih. Selain itu, lauk pauk protein juga harus dipastikan dimasak sampai matang.

Manfaat Vitamin Bagi Tubuh

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin tertentu juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, agar terhindar dari paparan virus corona. Dilansir dari INstagram @gizimasyarakatkemenkes, beberapa jenis vitamin berikut sangatlah baik jika dikonsumsi bagi tubuh.

Vitamin A, membantu mengatur sistem kekebalan tubuh serta perlindungan terhadap infeksi. Kita bisa mendapatkan asupan vitamin A dengan mengonsumsi wortel, bayam, ubi jalar, minyak ikan, dan juga kuning telur.

Vitamin E, merupakan antioksida yang bisa menetralkan radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kita bisa menemukan vitamin E pada kacang almond, minyak sayur, sayuran berdaun hijau, dan juga jenis kacang-kacangan.

Vitamin C, membantu pembentukan antibodi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C bisa ditemukan pada beberapa jenis buah seperti jeruk, pepaya, stroberi, jambu biji, kiwi, dan tomat.

Zinc, bisa membantu mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh. Kita bisa mendapatkan asupan ini dengan mengonsumsi daging sapi, hati ayam, telur, keju, dan seafood. Tentu dengan takaran yang cukup dan pastikan memasaknya dengan benar.

Cukup Istirahat

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tent penting bagi seseorang untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan, orang yang kurang tidur dan kelelahan bisa membuat imunitas tubuh menjadi menurun.  Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

ilustrasi tidur menggunakan guling

©europeanbedding.sg/

Rutin Olahraga

Untuk meningkatkan kekebalan, disarankan untuk rutin melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Pastikan juga tubuh menerima cukup sinar matahari. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh akan memproduksi hormon yang baik dan terhindar dari stres. Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

ilustrasi olahraga

medicalnewstoday.com

Pola Hidup Sehat dan Bersih

Cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona selanjutnya ialah dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan juga menghindari kerumunan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan makanan yang dikonsumsi.

poster kemenkes

Instagram/@gizimasyarakatkemenkes ©2020

 

Berita terkait: