Cara Hapus Riwayat Google Chrome Secara Otomatis

Sudah barang tentu kita sering sekali menghabiskan waktu untuk mencari informasi serta beraktualisasi di internet. Dan yang jadi jendela untuk kita mencari sesuatu di dunia maya adalah browser, seperti Google Chrome.

Segala situs yang kita kunjungi melalui browser Google Chrome tersimpan dalam menu “History” yang terdapat pada browser.

Namun mungkin seringkali juga kita tidak mau orang lain melihat apa yang sudah dicari melalui browser ini. Entah untuk alasan privasi atau yang lainnya.

Maka untuk menghindari hal tersebut kita perlu menghapus riwayat Google Chrome. Tetapi tahukah Anda bahwa terdapat cara untuk menghapus riwayat tersebut secara otomatis?

Berikut cara mudah untuk menghapus riwayat secara otomatis di Google Chrome. Melansir Tekno Liputan6.com, simak caranya di bawah ini.

  1. Buka akun Google Anda dengan melalui situs Google ( https://myaccount.google.com/ ).
  2. Dari empat menu yang ada, pilih menu “Privacy & personalization” dan Anda akan masuk ke laman “Data & personalization”.
  3. Dalam menu ini akan banyak opsi yang cukup membingungkan, tetapi Anda tidak perlu scroll ke bawah. Anda hanya perlu tekan sub-menu “Manage your activity control” yang berada di kotak opsi “Activity Control”.
  4. Anda akan masuk ke laman “Activity Control” dan langsung saja tekan opsi “Manage Activity” yang berada di kotak opsi “Web & App Activity”.
  5. Setelah Anda masuk ke laman selanjutnya, Anda hanya perlu memilih menu “Choose to delete automatically”.
  6. Anda akan mendapatkan pop-up yang memberikan opsi untuk menentukan waktu berapa lama lagi riwayat browser akan dihapus. Anda bisa memilih setelah 3 bulan atau paling lama setelah 18 bulan.

Sumber: Liputan6.com

Berita terkait: