Cara Bayar PBB via ATM BCA dan Tokopedia, Lebih Mudah!

– Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) merupakan salah satu pungutan biaya pajak atas tanah dan bangunan. PBB ini wajib dibayarkan setiap tahunnya, besaran biaya dari PBB tergantung dari fungsi bangunan tersebut. Objek yang termasuk PBB mulai dari tempat tinggal, tempat usaha, gedung bertingkat, mal atau tempat perbelanjaan lainnya.

Beberapa objek tanah dan bangunan yang dibebaskan oleh pajak seperti sarana pendidikan, bangunan ibadah, kesehatan dan lahan pemakaman. Saat ini pemerintah semakin memudahkan untuk melakukan pembayaran PBB yaitu melalui online.

Berikut cara bayar PBB via ATM BCA dan Tokopedia .

ATM BCA

1. Masukkan ATM dan masukkan ‘ PIN ‘ Anda[br][br]2. Pilihlah menu ‘ Transaksi Lainnya ‘ lalu pilihlah menu ‘ Pembayaran ‘[br][br]3. Pilihlah menu ‘ Transaksi Lainnya ‘ dan Pilihlah ‘ PBB ‘[br][br]4. Selanjutnya, masukkan ‘ Nomor Objek Pajak ‘ Anda[br][br]5. Pastikan data yang muncul sudah sesuai dengan data PBB yang akan Anda bayarkan.[br][br]6. Jika sudah sesuai pilih ‘ Benar ‘ lalu akan muncul detail pembayaran[br][br]7. Pastikan kembali jika data tersebut sudah sesuai, jika sudah sesuai maka pilih ‘ Benar ‘[br][br]8. Transaksi yang Anda lakukan sudah selesai, simpan bukti pembayaran tersebut sebagai bukti pembayaran PBB Anda.

Tokopedia

1. Masuk ke laman Tokopedia.com[br] [br]2. Pilihlah ‘ Top-Up dan Tagihan ‘[br][br]3. Lalu pilihlah ‘ Lainnya ‘ dan pilihlah ‘ Pajak PBB ‘[br][br]4. Pilih wilayah pajak PBB yang akan Anda bayarkan.[br][br]5. Masukkan ‘ Nomor Objek Pajak ‘ yang berjumlah 18 digit[br][br]6. Pilih ‘ Tahun pembayaran ‘ lalu pilih ‘ Bayar ‘[br][br]7. Akan muncul data detail pembayaran pajak, pilih ‘ Metode Pembayaran ‘[br][br]8. Lakukan transaksi hingga selesai, selanjutnya Anda akan mendapatkan Bukti Pembayaran melalui email yang sudah terdaftar pada Tokopedia.

Itulah cara bayar PBB via ATM BCA dan Tokopedia.