Cara Ampuh dan Mudah Mencegah dan Mengobati Sariawan yang Bisa Kamu Lakukan

Masalah kesehatan kecil yang kamu alami sehari-hari bisa jadi sebuah hal yang sangat mengganggu. Salah satu masalah kesehatan yang mengganggu ini adalah sariawan.

Kondisi sariawan ini bisa membuatmu serba salah dalam menjalani hari-hari. Kamu bisa kesulitan berbicara, makan, dan minum karena benjolan di dalam mulut.

“Penyebab sariawan bisa berbeda bagi setiap orang,” terang Sarah Glass, D.D.S., asisten profesor dari Virginia Commonwealth University School of Dentistry, dilansir dari Prevention.

Sariawan ini bisa muncul pada lidah, bibir bagian dalam, atau pipi bagian dalam. Masalah ini lebih umum dialami oleh wanita dibanding pria.

Masalah sariawan bisa muncul karena tergigit atau masalah mulut lain. Selain itu, stres, fluktuasi hormon, alergi, dan kurangnya nutrisi juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

Sebelum muncul masalah ini, mengetahui cara mengatasinya merupakan sebuah hal yang disarankan. Dilansir dari Prevention, berikut cara mencegah dan mengobati sariawan dengan mudah dan ampuh.

Cara Mencegah Sariawan

Parhatikan Pola Makan

Kurangnya vitamin B, zinc, dan zat besi bisa membuatmu lebih rentan mengalami sariawan. Konsumsi banyak makanan dengan kandungan tersebut seperti biji gandum, salmon, dan tuna bisa sangat membantu. Selain itu, batasi konsumsi makanan pedas dan berasam yang bisa menyebabkan masalah sariawan.

“Ketahui kapan sariawan muncul dan ketahui makanan apa yang mungkin menyebabkannya untuk menghilangkan pemicu pada dirimu,” terang Leena Palomo, D.D.S., associate profesor dari Case Western Reserve University School of Dental Medicine.

Tenangkan Diri

Stres bisa meningkatkan aktivitas leukosit, sel imun yang berhubungan dengan peradangan di dalam tubuh. Hal ini juga bisa terjadi pada mulut yang memicu munculnya sariawan.

Tenangkan diri secara rutin dengan hal-hal menyenangkan seperti olahraga, meditasi, atau melakukan hobi yang kamu senangi.

“Bahkan tidur nyenyak di malam hari saja bisa membantu,” terang Palomo.

Sikat Gigi dengan Perlahan

Salah menyikat gigi bisa mencederai lapisan dalam pipi atau bibir hingga menyebabkan sariawan. Hal ini terutama ketika kamu menggosok gigi dengan keras.

“Sikat dengan gerakan memutar yang kecil serta hindari menyikat gigi secara agresif maju dan mundur,” jelas Glass.

Cara Menghilangkan Sariawan

sariawan

Ketika sariawan sudah terlanjur muncul pada mulut, terdapat berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya:

Berkumur Berulang

Berkumur dengan larutan yang terdiri dari satu sendok teh baking soda dan setengah cangkir air hangat untuk menghilangkan rasa sakit dan mempercepat pemulihan. Kamu juga bisa membeli obat kumur dengan hidrogen peroksida untuk mengatasi masalah ini.

Gunakan Obat

Sejumlah obat yang membuat sariawan menjadi kebas dan mati rasa bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini. Cara ini bisa membantu dalam mengatasi masalah yang muncul ini.

Menjaga kesehatan mulut secara konsisten merupakan cara yang paling penting dilakukan terutama untuk terhindar dari sariawan. Cara ini juga bisa menjaga mulut dari sejumlah masalah kesehatan yang rentan muncul. [RWP]

Baca juga:
Pakai Masker Buat Napas Jadi Bau? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Dampak yang Bakal Terjadi ketika Seseorang Hanya Menyikat Gigi Sekali Sehari
Benarkah Aman untuk Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Activated Charcoal?
Ini Cara Berkumur yang Mampu Bantu Meredakan Sakit Tenggorokan

Baca Selanjutnya: Cara Mencegah Sariawan…

Halaman

  • 1
  • 2
  • 3

Berita terkait: