Cai Changpan Mati Bunuh Diri, Ini Sikap Kanwil Kumham Banten

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan HAM Provinsi Banten, R Andika Dwi Prasetya, menyatakan pihaknya akan terus mencermati perkembangan terkait penemuan narapidana Cai Changpan yang ditemukan tewas gantung diri di gudang pembakaran ban di Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/10/2020) pagi.

Andika pun meminta jajaran untuk mendalami kasus ini. Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk memastikan jasad yang ditemukan itu adalah benar Cai Changpan. Hal itu diungkapkan Andika saat dihubungi , Sabtu (17/10/2020) sore.

“Yang pasti kita akan sesuai dengan prosedur yang berlaku, kalau dia statusnya narapina maka dia harus diautopsi di rumah sakit yang kompeten seperti RS Polri, Kramat Jati. Ini perlu untuk memastikan yang bersangkutan benar Cai Changpan,” tutur Andika.

BACA JUGA

Ditemukan Tewas Gantung Diri, Jenazah Cai Changpan Diautopsi

Andika menambahkan bila memang hasil autopsi menyatakan benar yang bersangkutan adalah Cai Changpan, maka tim Dirjenpas akan segera memberitahukan informasi meninggalnya narapidana asal Tiongkok tersebut kepada pihak keluarga.

“Kalau memang benar (jasad Cai Changpan), maka langkah selanjutnya adalah kita akan hubungi keluarganya atau yang dalam hal ini isti dan anaknya yang merupakan warga Indonesia dan tinggal di Tenjo Bogor. Lalu karena yang berangkutan adalah warga negara asing, maka kita akan juga hubungi kedutaan besar asal negara narapidana itu,” lanjutnya.

BACA JUGA

Cai Changpan Ditemukan Tewas Gantung Diri

Andika sendiri masih belum bisa memastikan apakah jenazah Cai Changpan sendiri akan di makamkan dimana karena masih menunggu proses pemeriksaan yang dilakukan pihak Kepolisian bersama tim dari Dirjenpas.

“Ketetapan masalah akan dikebumikan di mana, kita pastinya akan berkoordinasi juga dengan keluarga dan pihak kedutaan besar negara yang bersangkutan. Nanti tergantung kesepakatan saja mau dimakamkan di mana apakah akan dibawa ke negara asalnya atau dimakamkan di dekat istri dan anaknya di Bogor,” tandasnya.

Berita terkait: