BMKG: Hari Ini, 24 Provinsi Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi di 24 wilayah di Tanah Air dengan curah hujan tinggi pada hari ini, Jumat (9/4/2021).

“Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia,” demikian pernyataan BMKG yang diterima .

Wilayah yang berpotensi hujan lebat itu adalah Aceh, Bali, Bengkulu, DKI Jakarta (Jakarta Selatan dan Jakarta Timur), Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, NTB, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

BACA JUGA

BMKG: 24 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Selain itu, masyarakat juga dimintai mewaspadai adanya potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2 meter atau lebih di Selat Bali, Selat Sunda dan Samudera Hindia yang berpotensi banjir.

Suhu udara hari ini berkisar mulai dari 20 derajat hingga 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60% hingga 100%.

Selain itu BMKG memprediksi dimulai pukul 07.00 WIB, posisi Siklon Tropis Seroja akan berada di Samudera Hindia sebelah selatan Bali atau 18.7 LS dan 110.4 BT, atau sekitar 1.120 kilometer sebelah selatan barat daya Denpasar. Dipastikan Siklon Tropis Seroja menjauhi wilayah Indonesia.

Adapun kekuatannya diperkirakan akan mencapai 55 knots atau mencapai 100 kilometer per jam dengan tekanan 982 hPa.

Melihat adanya hasil analisa dan prakiraan cuaca ekstrem dari BMKG tersebut, maka masyarakat juga diminta waspada dan dapat mengantisipasi segala sesuatu dalam kaitan potensi bencana yang dapat dipicu oleh faktor cuaca tersebut.

Berita terkait: