Bertambah 2,5 Juta, Penjual di Tokopedia Capai 9,9 Juta

Pandemi Covid-19 mendorong banyak pelaku usaha untuk mulai berbisnis lewat platform digital. Terbukti dari jumlah merchant atau penjual di Tokopedia selama tahun 2020 yang memperlihatkan lonjakan signifikan.

“Per Desember 2020, 9,9 juta penjual yang hampir seluruhnya UMKM telah terdaftar di Tokopedia. Ada kenaikan sebesar lebih dari 2,5 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan resminya, Kamis (14/1/2021).

Sepanjang tahun 2020, Ekhel menyampaikan Tokopedia juga turut mendorong belanja masyarakat akan produk UMKM Indonesia melalui berbagai inisiatif. Antara lain Selamatkan Industri Kopi Lewat #SatuDalamKopi. Dalam kampanye ini, Tokopedia menggandeng lebih dari 1.000 pengusaha kopi di seluruh Indonesia dan mampu meningkatkan transaksi produk kopi menjadi lebih dari 2,5x lipat.

Inisiatif selanjutnya adalah Tokopedia Nyam Dorong Penjual F&B Go Digital. Kampanye ini membuat jumlah penjual makanan siap masak di Tokopedia meningkat hampir 3x lipat selama pandemi. Transaksi makanan siap masak juga tumbuh signifikan menjadi lebih dari 3x lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

Tokopedia juga turut mendukung industri fesyen lokal dengan Tokopedia Fashion Week (TFW). TFW yang diadakan virtual Desember 2020 lalu berhasil mengalami peningkatan penjualan lebih dari 5x lipat dibandingkan TFW tahun sebelumnya. Ternyata, jumlah transaksi tertinggi selama TFW 2020 dipegang oleh merek-merek lokal, yaitu Batik Kultur, Zaskia Mecca, Torch, Smith Berlin, dan UBS Lifestyle.

BACA JUGA

Selama PPKM, Belanja Online di Jaringan Ritel MPPA Dapat Diskon Khusus

Selain itu, Tokopedia juga ikut mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diinisiasi oleh pemerintah, serta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mendukung UMKM lokal.

“Melalui kolaborasi bersama pemerintah daerah, sepanjang kuartal IV-2020, Tokopedia telah mengakuisisi lebih dari 2.000 penjual baru, baik individu maupun pasar tradisional di berbagai kota, seperti Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan Makassar,” ungkap Ekhel.

Ke depannya, lanjut Ekhel, Tokopedia akan terus berkomitmen mendorong belanja masyarakat akan produk dalam negeri sekaligus memberikan dukungan kepada pegiat UMKM Indonesia melalui sederet inisiatif.

Berita terkait: