Bermodal Teknik Clicker, Ini Trik yang Bisa Diajarkan pada Kucing Maine Coon

Sulit untuk membayangkan melatih kucing seperti pada anjing. Bagimana dengan kucing Maine Coon yang digadang-gadang punya sifat dan tingkah laku mirip anjing?

Cerdas dan senang mendapatkan perhatian dari pemiliknya, kucing berukuran besar ini ternyata cukup mudah dilatih, tentunya dengan penuh kesabaran. Ada berbagai metode pelatihan, tapi teknik clicker disebut-sebut sebagai metode yang paling berhasil.

Perintah Verbal Kurang Efektif muezza baru©shutterstock

Melatih kucing Maine Coon untuk melakukan berbagai trik hanya dengan perintah verbal bisa saja berhasil. Namun, lebih rentan gagal dan membutuhkan lebih banyak waktu, kesabaran, dan usaha.

Beberapa anabul kurang tanggap pada perintah verbal, sehingga isyarat tangan tetap diperlukan. Untuk mencari metode pelatihan terbaik, perhatikan bagaimana kucing belajar dan hasil yang didapat.

Teknik Clicker muezza baru©shutterstock

Tak sulit menguasai teknik clicker untuk mengajarkan beberapa trik atau mengubah perilaku kucing. Menyukai makanan, metode ini pada dasarnya melatih kucing Maine Coon untuk melakukan sesuatu dengan imbalan camilan. Selain menyediakan treat, tak lupa membawa gadget yang mampu mengeluarkan suara ‘klik’ yang berbeda setiap kali anabul melakukan sesuatu dengan benar.

Ajari untuk Duduk muezza baru©shutterstock

Pertama, kenalkan clicker pada Maine Coon dan diikuti dengan pemberian camilan. Setelah mendapat perhatian anabul, pegang dry food di atas kepalanya dan gerakkan tanganmu jauh ke belakang, ucapkan kata perintahnya. Begitu kucing duduk, tekan clicker dan berikan makanannya, ulangi beberapa kali sampai benar-benar menguasainya.

Tos atau Goyang Kaki

muezza baru

©shutterstock

Setelah berhasil melatih kucing untuk duduk, ajarkan trik yang lebih kompleks seperti menggoyangkan kaki atau tos. Angkat perlahan salah satu kaki depan kucingmu dan tekan clicker saat menggoyangkan kakinya. Jangan lupa ucapkan kata perintah atau isyarat tertentu dan segera berikan treat. Ulangi latihan ini selama 5 menit atau sampai kucing sulit untuk fokus pada latihannya.

Datang Saat Dipanggil

muezza baru

©shutterstock

Ternyata, menggunakan nama kucing untuk memanggilnya tidak disarankan, karena dapat membuatnya bingung. Panggil menggunakan isyarat khusus dengan nada suara yang lebih tinggi dan tunggu sampai anabul mendekatimu, baru tekan clicker dan hadiahi dengan treat. Butuh proses yang cukup panjang agar trik ini bisa berhasil. Awali dengan jarak pendek terlebih dahulu baru tingkatkan jaraknya secara bertahap.

Dry food jadi salah satu faktor penting dalam proses melatih kucing Maine Coon. Pilih makanan favoritnya, seperti Muezza yang punya 4 varian lezat seperti Ocean Fish, Mackerel, Tuna, dan Salmon. Selain lezat, brand makanan kucing kering ini pun sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

muezza baru©muezza

Tak perlu ragu saat memegang dan memberikannya langsung pada anabul saat berusaha melatihnya. Begitu juga saat tak sengaja terkena liur kucing, membersihkan wadah makannya, hingga mencari toples kedap udara sebagai wadah. Sediakan selalu Muezza di rumah, dengan membelinya di marketplace andalan seperti Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

Berita terkait: