Beri Opini WTP, BPK Minta Kemhub Tindaklanjuti Temuan

Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap hasil pemeriksaan laporan keuangan Kementerian Perhubungan ( Kemhub ) Tahun 2019. Meski demikian, BPK tetap meminta Kemhub menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan BPK.

Anggota I BPK Hendra Susanto menyatakan, laporan keuangan Kemhub telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material. Posisi keuangan Kemhub per tanggal 31 Desember 2019, realisasi anggaran, operasional, serta perubahan ekuitas telah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

Namun, opini WTP dari BPK tidak berarti laporan keuangan Kemhub bebas dari kesalahan.

“BPK masih menemukan kelemahan dalam SPI (sistem pengendalian intern) maupun permasalahan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang perlu diperbaiki,” kata Hendra ketika penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Kemhub Tahun 2019 di Kantor Kemhub, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Dirinya menuturkan, komitmen entitas untuk mewujudkan akuntabilitas tidak hanya diukur dari opini laporan keuangannya, tetapi juga menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan. BPK juga akan melakukan pemantauan terhadap tindak lanjut hasil pemeriksaan.

iS

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan oleh Anggota I BPK Hendra Susanto kepada Menhub Budi Karya Sumadi.

Tak hanya itu, Hendra juga menyerahkan LHP pembangunan prasarana Kereta Api Ringan Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2016-2019. Dari pemeriksaan ini, BPK menyimpulkan Kemhub dapat melakukan efisiensi harga kontrak atas pembangunan kereta api ringan tersebut sebesar Rp 1,3 triliun.

Pada dasarnya, lanjut Hendra, Menhub beserta jajarannya memiliki komitmen yang sama dengan BPK dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel.

Dirinya menuturkan, karena akuntabilitas bukan saja kewajiban pengelola keuangan negara saja, tetapi merupakan suatu budaya yang harus dibangun bersama.

Ia pun menegaskan pentingnya akuntabilitas untuk kita semua ( accountability for all ) agar negara ini dapat menjadi lebih baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan komitmen dan kerja keras dari semua pihak.

Turut hadir dalam acara penyerahan LHP Auditor Utama Keuangan Negara I Novy G.A. Pelenkahu, serta para pejabat di lingkungan Kemhub dan tim pemeriksa BPK.

Berita terkait: