Belum Hadir, Polisi Kembali Akan Undang Putri dan Menantu Rizieq

— Polisi masih terus mendalami dugaan pidana pelanggaran protokol kesehatan (prokes) terkait acara yang digelar imam besar Front Pembela Islama (FPI) Rizieq Syihab . Tak hanya akan mengundang jaksa untuk gelar perkara pada Senin (23/11/2020), tetapi polisi akan kembali mengundang anak dan menantu Rizieq yang menikah pada 14 November 2020 sehingga mengakibatan kerumunan.

“Nanti (anak dan menantu Rizieq) dijadwalkan lagi, dalam rangka penyelidikan, undangan klarifikasi untuk meminta keterangan atau klarifikasi tentang kejadian tersebut,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi Minggu (22/11/2020).

Seharusnya Syarifah Najwa Shihab, beserta suaminya, Irfan Alaydrus, diperiksa Jumat (20/11/2020) kemarin. Namun mereka berdua tidak hadir.

BACA JUGA

Sakit, Rizieq Disambangi Polisi Diminta Tes Covid-19

Adapun yang tidak hadir saat itu yakni HA bin AA sebagai Hubungan Masyarakat (Humas) FPI, I selaku penyewa tenda, dan HA bin HA, kerabat keluarga Rizieq. “Itulah penyidik memberikan waktu untuk klarifikasi dan kalau waktu klarifikasi tidak dimanfaatkan ya tidak masalah (akan dipanggil lagi),” sambung Argo.

Seperti diberitakan Polri mengusut dugaan pelanggaran protokol kesehatan terkait acara Rizieq Syihab di Jakarta dan di Megamendung, Bogor.

Pelanggar protokol kesehatan diancam Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Pasal 93 berbunyi, “Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat 1 dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan, sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 100 juta.”

Berita terkait: