Beli Sabu-sabu, WNA Pencari Suaka Ditangkap

Seorang pencari suaka warga negara asing (WNA) asal Iran, bernama Reza Hosseini (40), dibekuk polisi lantaran kedapatan membeli narkotika jenis sabu-sabu, di Kampung Boncos, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat.

Kapolsek Palmerah Kompol Supriyanto mengatakan, pengungkapan kasus bermula dari informasi masyarakat bahwa ada warga negara asing membeli narkoba, di Kota Bambu.

“Selanjutnya anggota melakukan penyelidikan dan mencurigai seorang laki-laki keluar dari Gang Boncos. Orang itu tersangka berinisial RH, kemudian dilakukan penangkapan,” ujar Supriyanto, Minggu (20/9/2020).

Dikatakan Supriyanto, tersangka mengaku berprofesi dokter dan tinggal di salah satu unit Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat. Dia tergabung dalam United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) atau pencari suaka, dan sudah berada di Indonesia sejak tahun 2019.

“Pada saat digeledah, tersangka menggenggam sabu-sabu di tangan kirinya,” ungkapnya.

Supriyanto menyampaikan, pada saat diinterogasi tersangka mengaku membeli barang haram itu dari seseorang yang tidak dikenalnya.

“Dia beli seharga Rp 200.000 dari laki-laki yang tidak dikenal. Dia mengakunya buat pakai sendiri, makanya belinya nggak banyak nol koma sekian gram,” katanya.

Tersangka telah dibawa ke Mapolsek Palmerah, dan dijerat Pasal 112 dan Pasal 114 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun penjara.

Berita terkait: