Begini Cara Sinkronisasi Tab di Berbagai Browser

– Banyak browser web memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi tab antar perangkat. Misalnya, Chrome di desktop disinkronkan dengan tab Chrome di smartphone. Tak hanya sesama browser, tetapi pengguna juga dapat melakukan sinkronisasi tab antara browser yang berbeda.

Dilansir dari How to Geek, Apple Safari, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge semuanya mendukung sinkronisasi tab di seluruh perangkat dengan caranya masing-masing.

Namun, cara ini tidak berhasil jika pengguna ingin menyinkronkan Firefox di desktop kantor dan Chrome di perangkat rumah karena keduanya tidak terhubung secara langsung.

Dengan menggunakan Tab Session Manager, itu merupakan ekstensi open source yang berfungsi pada Chrome, Edge, dan Firefox.

Baca Juga: Cara Menggunakan Telegram di Chromebook atau Web Browser

Untuk menyinkronkan tab antara browser yang berbeda, pertama pengguna harus mengunduh ekstensi Tab Session Manager untuk Chrome, Edge, atau Firefox. Instal di semua browser yang ingin disinkronkan bersama. Proses pemasangan ekstensi akan sama di setiap browser.

Setelah Tab Session Manager terinstal, buka menu ekstensi di browser yang pengguna gunakan.

Kotak pengaturan Tab Session Manager akan terbuka dan klik pada ikon roda gigi untuk menyiapkan pengaturan lanjutan.

Pada bagian Save Device Name to Session, centang kotak di sebelahnya dan masukkan nama perangkat pada kotak yang tersedia. Tindakan ini akan membantu mengidentifikasi dari mana tab browser tersebut berasal.

Selanjutnya, pastikan pengguna mencentang kotak Save the Session Regularly. Pengguna dapat menyesuaikan seberapa sering tab ingin disinkronkan dan berapa banyak sesi yang akan disimpan dalam satu waktu.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Pemutaran Video Otomatis Berdasarkan Jenis Browser

Pengguna juga dapat mengatur agar tab disinkronkan saat pengguna menutup kotak pengaturan atau keluar dari browser.

Hal paling penting untuk membuat sinkronisasi berfungsi di antara browser yang berbeda adalah sinkronisasi cloud.

Dengan masuk menggunakan akun Google, pengguna mengizinkan sesi untuk dicadangkan ke Google Drive dan tersedia di browser lain.

Klik Sign in with Google pada bagian Cloud Sync. Sebuah pesan akan muncul dan memberi tahu pengguna bahwa Tab Session Manager sedang meminta izin.

Menggunakan fitur tersebut memang mengharuskan pengguna melakukan izin privasi. Klik Allow jika setuju dengan pemberian izin.

Kotak masuk akun Google akan terbuka. Pilih akun Google pengguna dan saat masuk, pengguna akan diminta untuk memberikan izin Tab Session Manager untuk melihat dan mengelola data yang dibuatnya di Google Drive.

Jika pengguna memberikan izin tersebut, klik Allow. Setelahnya, sinkronisasi tab selesai dilakukan. Ulangi langkah-langkah yang sama di setiap browser di mana pengguna ingin mengakses tab.

Untuk menggunakan Tab Session Manager, cukup klik ikon ekstensi dari bilah alat (toolbar) browser.

Karena pengguna menamai setiap browser, pengguna dapat dengan mudah melihat lokasi tab tersebut. Judul setiap sesi adalah tab yang aktif. Klik pada satu sesi untuk melihat semua tab di sebelah kanan.

Sebagai catatan tambahan, pengguna mungkin perlu mengklik tombol sinkronisasi untuk memaksa pembaruan dan pada proses ini pengguna akan diminta masuk kembali ke akun Google.

Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk menyinkronkan tab di berbagai browser berbeda. Selamat mencoba!

Berita terkait: