Bawaslu Papua segera kirim tim cek perusakan kantor di Asmat

Jayapura – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua segera mengirimkan tim supervisi ke Kabupaten Asmat untuk mengecek perusakan kantor di wilayah setempat.

Anggota Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoach mengatakan pihaknya akan menurunkan tim supervisi dari provinsi ke Asmat pada Selasa (20/10).

Baca juga: Bawaslu bentuk Pokja COVID-19 pada 11 kabupaten di Papua

“Kami mendapat laporan bahwa telah terjadi perusakan Kantor Bawaslu Kabupaten Asmat, Minggu (18/10) sore,” katanya kepada melalui telepon selulernya di Jayapura, Minggu.

Menurut Ronald, pihaknya mendapat berita mengenai peristiwa perusakan Kantor Bawaslu oleh masyarakat pendukung salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Asmat.

Baca juga: Bawaslu RI pantau kesiapan pilkada di empat kabupaten di Papua

“Dari laporan yang kami terima pukul 17.45 WIT, massa dari salah satu pasangan calon melakukan tindakan anarkis dengan merusak jendela dan dinding kantor untuk menerobos ke dalam, serta melempar kayu atau tanah ke arah anggota Bawaslu,” ujarnya.

Dia menjelaskan akibat peristiwa tersebut, empat anggota Bawaslu Kabupaten Asmat langsung berlari keluar ruangan untuk menyelamatkan diri.

Baca juga: Bawaslu Papua: Pasangan calon harus taati protokol kesehatan COVID-19

“Puji Tuhan empat anggota selamat namun ada luka di tangan akibat memukul dinding agar bisa keluar dari ruangan,” katanya.

Dia menambahkan meskipun dapat menyelamatkan diri, empat anggota tersebut mengaku trauma atas kejadian tersebut.

Berita terkait: