Bawa Modal USD 4 Miliar, Lightspeed Venture Umumkan Operasional di Asia Tenggara

Lightspeed Venture Partners mengumumkan peluncuran operasionalnya di Asia Tenggara. Perusahaan ventura digital ini, akan menebar modal senilai USD 4 miliar yang diraih dari pendanaan global tahun 2020, beberapa waktu lalu.

Akshay Bhushan, Partner, Lightspeed Venture Partners mengatakan, Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah dengan pertumbuhan ekonomi dan ekosistem startup tercepat di dunia, dan ini diklaim dia lantara potensi masyarakat Asia Tenggara yang memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi.

“Kami percaya bahwa ekosistem startup akan terus berkembang secara signifikan dan kami sangat senang dapat membangun kerja sama dengan para pelaku usaha yang membangun perusahaan dengan visi misi dan beragam inovasi disruptif,” ujar dia dalam keterangan persnya, Kamis (17/9).

Ia melanjutkan, Lightspeed telah berinvestasi pada berbagai perusahaan startup asal Indonesia. Di antaranya startup penyedia platform social commerce Chilibeli, aplikasi B2B marketplace Ula, perusahaan penyedia solusi pemenuhan gudang dan pengiriman barang Shipper.

Perusahaan yang berkantor pusat di Silicon Valley ini juga telah menanamkan modalnya pada perusahaan super-app Grab dan penyedia software kecerdasan buatan bagi sektor enterprise NextBillion.ai.

Sebagai tambahan, banyak perusahaan portofolio Lightspeed juga mengembangkan bisnisnya di wilayah Asia Tenggara dan juga memiliki kantor regional di Singapura – diantaranya Snap, OYO Rooms, Yellow Messenger dan Darwinbox. Banyak perusahaan juga sedang membangun bisnis multilokasi dengan talent tersebar di berbagai wilayah, misalnya talent yang menangani engineering berada di India, dan yang mengerjakan bidang lainnya di wilayah berbeda.

“Misi kami di Lightspeed masih sama, bahkan kehadiran kami secara global senantiasa berkembang mulai dari Silicon Valley, Israel, Cina lalu ke India, Eropa, dan sekarang Asia Tenggara: untuk mendukung wirausahawan-wirausahawan terbaik yang tengah membangun perusahaan masa depan,” ujar Ravi Mhatre, Founder dan Managing Director, Lightspeed Venture Partners.

“Tidak diragukan lagi, Asia Tenggara merupakan salah satu ekosistem inovasi dengan pertumbuhan tercepat secara global dan kami tidak sabar untuk membangun hubungan kerjasama yang dalam dalam jangka waktu yang lama dengan para pendiri dan masyarakatnya,” tambah Ravi.

[faz]

Baca Selanjutnya: Sebagai tambahan banyak perusahaan portofolio…

Halaman

  • 1
  • 2