Banyak Pertanyaan Tentang Swab Gratis di Labkesda, Ini Jawaban Pemkot

Surabaya, – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menegaskan bahwa layanan tes deteksi COVID-19 gratis bagi warga Kota Pahlawan merupakan swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Bagi warga yang ingin tes swab gratis, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) menyediakan layanan ini 24 jam.

“Yang dipakai di Labkesda pemeriksaan (swab) PCR dengan jam operasional 24 jam,” ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara dikonfirmasi , Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Labkesda Jabar Klaim Bisa Uji Sampel Swab Capai 3.000 Per Hari

1. Sasaran tes warga Surabaya dengan persyaratan, warga luar Surabaya juga bisa

Banyak Pertanyaan Tentang Swab Gratis di Labkesda, Ini Jawaban PemkotIlustrasi tes swab. /Mia Amalia tes PCR

Meski gratis untuk warga Surabaya, layanan ini tidak serta merta dapat didapatkan begitu saja. Ada beberapa persyaratan yang harus dibawa saat akan tes. Syarat utama yakni tes hanya diperuntukkan bagi warga yang melakukan perjalanan dari luar kota. Kemudian membawa fotocopy KTP dan materai Rp6 ribu.

Sedangkan bagi warga luar kota wajib membayar Rp120 ribu dan membawa surat keterangan domisili RT/RW atau bukti reservasi hotel minimal tiga hari.

“Labkesda tidak ada kuota tapi sasaran warga Kota Surabaya sesuai kriteria,” ucapnya.

2. Miliki dua tes swab dengan hasil 1,5 jam dan 4 jam

Banyak Pertanyaan Tentang Swab Gratis di Labkesda, Ini Jawaban PemkotIlustrasi tes swab. (/Mia Amalia)

Tidak dipatoknya kuota tersebut senada dengan pernyataan Wali Kota Tri Rismaharini. Dia menyampaikan jika bahan tes swab milik pemkot berlimpah. Tapi ada dua kriteria bahan yang disebutnya. Pertama tes swab dengan hasil 1,5 jam keluar. Kedua tes swab dengan hasil 4-5 jam keluar.

“Jadi kita punya bahan sedikit untuk yang 1,5 jam. Tapi kalau 4-5 jam kita punya banyak,” kata Risma.

3. Tes swab dengan hasil 1,5 jam diprioritaskan bagi warga Surabaya yang pulang malam

Banyak Pertanyaan Tentang Swab Gratis di Labkesda, Ini Jawaban PemkotPeresmian Labkesda Surabaya yang dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (15/9/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya.

Maka dari itu, lanjut Risma, tes swab dengan hasil 1,5 jam akan diprioritaskan bagi warga Surabaya yang pulang dari luar kota pada malam hari. “Jadi kalau datangnya jam 12 malam dari luar kota kalau nunggu lama kan kasihan dia. Makanya pakai yang itu. Jadi ini aku lagi minta bahan cepat ke Pak Menteri Kesehatan. Kasihan kalau malam harus nunggu, mau pulang kan kasihan. Kami prioritaskan yang begitu-begitu,” jelasnya.

Kalau yang siang, kata Risma, bisa menunggu. Maka dianjurkan menggunakan hasil tes swab yang keluarnya 4 jam nanti dia balik lagi bisa. Dia juga menyampaikan, pengambilan spesimen tidak harus datang ke Labkesda. Karena bisa di puskesmas setempat. Namun hasilnya memakan waktu.

4. Sempat muncul beberapa pertanyaan dari warganet soal swab gratis Pemkot Surabaya

Banyak Pertanyaan Tentang Swab Gratis di Labkesda, Ini Jawaban PemkotPeresmian Labkesda Surabaya yang dilakukan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Selasa (15/9/2020). Dok Humas Pemkot Surabaya.

Swab gratis di Labkesda ini sempat menjadi pertanyaan di media sosial. Seorang warganet bahkan menyebut sudah melakukan konfirmasi tentang jenis swab di sana. Meski tak menyebut konfirmasi kepada siapa, ia mengaku mendapat informasi bahwa tes swab yang digelar di Labkesda bukan PCR melainkan antigen. Namun, hal itu dibantah oleh Pemkot Surabaya. “Labkesda tidak melayani rapid antigen. Kamu hanya melayani swab PCR,” cuit akun Humas Kota Surabaya.

Meski sama-sama menggunakan tes usap, namun swab yang dikenal di Indonesia memang ada dua jenis yaitu PCR dan antigen. Bedanya, akurasi swab antigen masih kalah dengan PCR. 

Selain soal metode tes, seorang warganet bernama Dewi juga mengaku sempat mendatangi Labkesda. Namun, ia tak bisa menjalani tes usap di sana. “Saya belum sempat tes swab karena saya dapat info kuotanya sudah habis,” ujar Dewi melalui direct massage Instagram kepada , Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Termasuk Bepergian 7 Hari, Ini Syarat Swab Gratis di Labkesda Surabaya