Bansos dan Mobilitas Masyarakat Dinilai Jadi Kunci Peningkatan Konsumsi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, ada dua faktor pendorong peningkatan konsumsi tahun ini. Pertama adalah bantuan sosial (bansos) dan kedua adalah mobilitas masyarakat.

“Konsumsi masyarakat itu tergantung bansos yang mendorong konsumsi masyarakat. Kedua mobilitas, menjelang awal tahun dan akhir tahun mobilitas naik konsumsinya naik,” ujarnya, Jakarta , Jumat (22/1).

Perry mengatakan, pada tahun lalu konsumsi masyarakat tercatat tetap naik meskipun tidak sebesar perkiraan Bank Indonesia pada awal tahun. Hal tersebut dipengaruhi pandemi Covid-19 yang membuat sejumlah aktivitas berhenti.

“Konsumsi masyarakat tercatat tetap naik tahun lalu, tetapi tidak sekuat yang kita perkirakan. Ini yang sering kita diskusikan bagian dari konsumsi masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, pergerakan atau mobilitas masyarakat yang terbatas turut menekan konsumsi. Apalagi diberbagai kota besar di Indonesia terjadi pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan dan transportasi.

“Sekarang ada PSBB dan PSBM agak menurun sedikit itu (konsumsi) terlihat dari mobilitas kota besar dan indeks ekspektasi penjualan maupun konsumen itu tetap naik tapi tidak setajam yang kita perkirakan,” katanya.

Berita terkait: