Bank Indonesia Dorong Komoditas Kopi Mendunia

Di tengah maraknya tren bisnis kopi masa kini, Bank Indonesia melakukan sejumlah program pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kopi di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan cakupan pembinaan dari hulu ke hilir, guna mendorong optimalisasi kuantitas maupun kualitas komoditas kopi di dalam negeri.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P Joewono mengungkapkan, atas inisiatif tersebut, saat ini terdapat 14 dari 62 UMKM penghasil kopi binaan Bank Indonesia yang telah menembus pasar ekspor , baik langsung maupun tidak langsung.

“Bekerja sama dengan lembaga/instansi terkait dan masyarakat, pembinaan UMKM yang dilakukan BI dari sisi hulu secara menyeluruh mulai dari membantu konservasi lahan, penyediaan air bersih, serta menyiapkan unit pengolahan hasil termasuk penyediaan mesin pengupas,” kata Donidalam dialog kopi joint event Bank Indonesia dan SCAI (Speciality Coffee Association of Indonesia) sebagai rangkaian kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III secara virtual, Sabtu (21/11/2020).

BACA JUGA

BI Mendorong UMKM di Malang Go Digital

Dari sisi hilir, lanjut Doni, Bank Indonesia menyelenggarakan berbagai kegiatan festival kopi di dalam negeri, menggelar pelatihan dan kurasi untuk produk kopi yang siap masuk ke pasar mancanegara, dan inisiasi untuk membangun wisata edukasi kopi ( coffee edutourism ) yang saat ini sudah terbentuk di salah satu UMKM binaan Bank Indonesia di Jawa Barat, yaitu Kopi Kiwari.

Lebih lanjut, Doni menyampaikan, upaya BI dalam mendukung digitalisasi UMKM, baik dari sisi pemasaran produk dan fasilitasi kemudahan UMKM dalam transaksi pembayaran dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Dalam mendorong digitalisasi UMKM, BI memfasilitasi program onboarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital.

BACA JUGA

Kebijakan Longgar BI Tidak Hanya Lewat Suku Bunga Acuan

Terkait KKI Seri III yang mengusung tema ‘UMKM Sahabat Milenial’, pameran ini berlangsung pada 20-22 November 2020 dan merupakan seri terakhir yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Pameran KKI di tahun 2020.

Berita terkait: