Bacaan Dzikir Pagi Latin dan Terjemahannya

– Dzikir pagi merupakan salah satu amalan yang senantiasa ditegakkan oleh setiap umat muslim. Berdzikir merupakan ibadah untuk terus mengingat Allah SWT dengan menyebut lafadz pujian.

Setiap umat muslim dianjurkan untuk melakukan dzikir pagi. Dzikir memiliki keutamaan, sebagaimana Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang beriman, janganlah harta-harta kalian dan anak-anak kalian melalaikan kalian dari mengingat Allah. Barang siapa berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. al-Munaafiquun :9).

Dzikir merupakan amalan yang dapat mengangkat derajat serta memberikan ketenangan dalam jiwa. Dzikir pagi dilakukan saat setelah melakukan salat subuh hingga terbit matahari dan pada waktu dhuha. Berikut merupakan bacaan – bacaan dzikir pagi .

Baca Juga: Niat Sholat Sunnah Qobliyah, Tata Cara dan Bacaan Dzikir

Bacaan Dzikir Pagi

1. Al-Baqarah: 255 (Ayat Kursi)

Ayat Kursi merupakan ayat yang sering dibacakan saat melakukan doa

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumm, laa ta`khuduhuu sinatun wa laa naum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih, ya’lamu maa bainaa aidiihiim wa maa khalfahum, wa laa yuhiithuuna bi syai-in min ‘ilmihii ilaa bimaa syaa-a, wa si’a kursiyyuhussamaawaati wal ardhi, wa laa ya-uuduhu hifzhuhumaa wa huswal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (Makhluk Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. KepunyaanNya apa yang ada dilangit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisiNya tanpa seizinNya. Dia mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan dibelakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Baca Juga: Doa Setelah Sholat, Lengkap dengan Artinya

2. Surat Mu’awwidzat

Surat ini merupakan surat dalam Al-Quran pada surat ke 112, 113 dan 114 yang merupakan surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bacalah Surat Al Ikhlash, Al Falaq dan An Nas, di waktu pagi dan sore sebanyak 3 kali. Itu cukup bagimu untuk mencegah semua marabahaya.” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

3. Dzikir pagi meminta perlindungan

Doa ini merupakan doa untuk meminta perlindungan dari segala keburukan yang menimpa setiap umat muslim. Berikut adalah doanya.

Allahumma bika ash-bahnaa wa bika amsaynaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuur.

Artinya: “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu petang. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk).”

4. Sayyidul Istighfar

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku pada-Mu (yaitu aku akan mentauhidkan-Mu) semampuku dan aku yakin akan janji-Mu (berupa surga untukku). Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Itu tadi kumpulan bacaan dzikir pagi yang bisa kamu baca. Semoga bisa memberikan ketenangan dalam jiwa. 

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita terkait: