Bacaan Doa Sebelum Adzan dan Sesudah Adzan

– Umat Islam perlu mengetahui doa sebelum adzan dan sesudah adzan . Berikut ini bacaan doanya dalam latin dan artinya.

Adzan berkumandang setiap hari tanpa henti dipenjuru dunia. Adzan merupakan sebuah tanda apabila telah memasuki waktu sholat wajib.

Dalam sehari adzan dikumandangkan oleh muadzin sebanyak 5 kali yaitu pada saat waktu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Adzan ini bertujuan untuk memberitahukan kepada umat Islam untuk segera melakukan sholat wajib.

Adzan memiliki banyak keutamaan, saat umat Islam membaca doa setelah mendengarkan adzan untuk mendapatkan keberkahan dan kebaikan. Saat setelah mendengarkan adzan dan membaca doa, permohonan yang diinginkan akan dikabulkan, menghapuskan dosa, dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

Keutamaan doa setelah adzan yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Umat Islam disunahkan untuk membaca doa sebelum adzan dan doa sesudah adzan dikumandangkan.

Doa Sebelum Adzan:

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala haulawala kuuwata illabillahiladhim, allahummasholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim.

Arti: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah, ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah.”

  • «
  • 1
  • 2
  • »

    Berita terkait: