Babak I, Sterling Antar Man City Ugguli Arsenal

Manchester City untuk sementara unggul 1-0 atas tamunya Arsenal pada babak pertama laga Premier League di Stadion Etihad, Sabtu (17/10/2020). Manchester City unggul melalui aksi Raheem Sterling pada menit ke-23.

Machester City menunjukkan dominasinya dalam laga ini. Merea menguasai bola 66 persen dibanding Arsenal yang hanya 34 persen. Lewat penguasaan bola ini, Manchester City beberapa kali melakukan tekanan ke gawang Arsenal yang dijaga Bernd Leno. Namun tuan rumah hanya sekali mencetak gol.

Kedua tim sangat membutuhkan angka demi menjaga peluang menjadi juara Premier League musim ini. Manchester City memiliki posisi lebih buruk dibanding Arsenal. Mereka tercecer di urutan ke-14 setelah hanya meraih 4 poin dari 3 laga yang telah mereka mainkan. Sementara Arsenal berada di posisi kelima dengan nilai tujuh dari empat pertandingan.

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, seperti biasa mengusung formasi 4-3-3. Dia menurunkan Riyad Mahrez, Sergio Agüero, dan Raheem Sterling, sebagai trio di lini depan.

Mereka akan ditopang barisan lini tengah yang terdiri dari Bernardo Silva, Rodrigo, dan Phil Foden. Posisi penjaga gawang diisi Ederson. Kiper asal Brasil ini dikawal dua bek tengah Nathan Ake dan Rúben Dias, serta Kyle Walker di sisi kiri dan Joao Cancelo di kanan.

Nothing to separate us so far… #MCIARS 🔵 0-0 💙 (20) pic.twitter.com/w6AaFhJ3lK

— Arsenal (@Arsenal) October 17, 2020

Sementara di kubu Arsenal, manajer Mikel Arteta juga menerapkan formasi 4-3-3. Kiper Bern Leno akan dikawal Kieran Tierney, Gabriel, Rob Holding dan Héctor Bellerín.

Tiga pemain di lini depan diisi Willian, Nicolas Pepe, dan Pierre-Emerick Aubameyang. Ketiganya didukung pemain tengah Bukayo Saka, Granit Xhaka, dan Dani Ceballos.

Saat pertandingan baru memasuki menit pertama, Manchester City sudah melakukan tekanan melalui Riyad Mahrez. Setelah mendapat sodoran dari Raheem Sterling, mantan pemain Leicester City ini melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun tendangan pemain Aljazair ini melenceng sedikit dari sasaran.

Hanya berselang enam menit, tuan rumah kembali menekan, kali ini lewat Sergio Aguero. Pemain asal Argentina ini menyundul bola dari Riyad Mahrez, namun bola melesat ke atas gawang.

Sebuah peluang kembali didapatkan Manchester City pada menit ke-12. Phil Foden menerima umpan dari Rodrigo, lalu menembak bola dengan kaki kiri. Namun peluang ini gagal menjadi gol karena diblok.

Serangan bergelombang terus dilancarkan pasukan Pep Guardiola. Pada menit ke-16, Raheem Sterling melancarkan tendangan kaki kanan menyusul sodoran Rodrigo. Namun peluang yang didapatnya gagal menggetarkan jala gawang tim tamu lantaran diblok.

Gol yang dinantikan Manchester City akhirnya terwujud pada menit ke-23 melalui aksi Raheem Sterling. Mantan pemain Liverpool ini menjebol gawang Arsenal setelah melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang tak mampu diantisipasi kiper Bernd Leno.

Who else but @sterling7 ? 🔥

🔷 1-0 🔴 #ManCity | https://t.co/axa0klD5re pic.twitter.com/vSentttdOP

— Manchester City (@ManCity) October 17, 2020

Arsenal seperti tersengat oleh gol Sterling. Mereka kemudian membuat dua peluang pada menit ke-25 dan 26. Namun upaya yang dilakukan tim tamu semuanya berhasil digagalkan Manchester City. Tendangan kaki kiri Bukayo Saka berhasil diselamatkan kiper ederson.

Sepakan kaki kiri Kieran Tierney dari luar kotak penalti diblok. Tak berapa lama kemudian sundulan Nicolas Pepe melenceng ke sisi kanan gawang.

Manchester City kembali membuat pada menit ke-34 melalui Riyad Mahrez dan Phil Foden. Namun upaya Mahrez melambung, sementara tendangan Foden diselamatkan Bernd Leno.

Berikut susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): 31 Ederson; 27 Joao Cancelo, 6 Nathan Ake, 3 Rúben Dias, 2Kyle Walker; 47 Phil Foden, 16 Rodrigo, 20 Bernardo Silva;7 Raheem Sterling, 10 Sergio Aguero, 26 Riyad Mahrez.

Arsenal (4-3-3): 1 Bernd Leno; 3 Kieran Tierney, 6 Gabriel, 16 Rob Holding, 2 Hector Bellerín; 7 Bukayo Saka, 34 Granit Xhaka, 8 Dani Ceballos; 14 Pierre-Emerick Aubameyang, 19 Nicolas Pepe, 12 Willian

Berita terkait: