Azerbaijan Klaim Vaksin CoroVac Aman

Para pakar medis di Azerbaijan mengklaim bahwa vaksin Covid-19 buatan CoronaVac cukup aman, dan tanpa efek samping yang parah. Seperti dilaporkan Xinhua, Senin (22/2), otoritas kesehatan setempat mendukung keamanan vaksin CoronaVac yang dikembangkan Tiongkok.

“Sejak program inokulasi diluncurkan di Azerbaijan (pada 18 Januari), semua petugas kesehatan, termasuk staf kami, telah divaksinasi,” kata Asiman Hasanov, direktur eksekutif Puskesmas Baku.

Hasanov mencatat bahwa tidak ada efek samping parah yang dilaporkan selama empat minggu terakhir di antara penerima, dan beberapa petugas kesehatan telah menerima dosis kedua.

“Kami telah menerima cukup permintaan vaksinasi dari kelompok populasi yang berbeda. Di pusat kami, kami telah memvaksinasi 23 kedutaan dan 14 organisasi internasional,” katanya kepada media lokal.

Warga lanjut usia, petugas kesehatan, staf penegak hukum, dan prajurit militer termasuk di antara yang pertama divaksinasi oleh apa yang oleh Maisa Heybatova, spesialis penyakit menular di rumah sakit modular, digambarkan sebagai vaksin “benar-benar aman” yang diperoleh Azerbaijan.

BACA JUGA

Untuk Darurat Covid-19, Meksiko Setujui Vaksin Sinovac dan CanSino

“Dokter kami juga disuntik dengan CoronaVac. Dan kami belum menerima keluhan apa pun,” katanya, seraya menambahkan bahwa suntikan, yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Tiongkok, Sinovac, telah mendapat kepercayaan dari petugas perawatan kesehatan.

Hande Harmanci, perwakilan dari Organisasi Kesehatan Dunia dan kepala cabang Azerbaijan, mengambil inokulasi Senin lalu, kantor berita APA setempat melaporkan.

“Para ahli memutuskan bahwa vaksin terbaik untuk Azerbaijan adalah vaksin dari perusahaan Sinovac” karena telah lulus uji klinis di banyak negara,” kata Menteri Kesehatan Azerbaijan Ogtay Shiraliyev.

Menurut kantor pusat operasional negara untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19, Azerbaijan pada hari Minggu mendaftarkan 156 kasus baru Covid-19, meningkatkan totalnya menjadi 233.129 kasus.

Berita terkait: