Aturan Keselamatan Telah Terbit, Pesepeda Tidak Boleh Melakukan 6 Hal ini

Kementerian Perhubungan telah mengatur mengenai keselamatan pengguna sepeda di jalan. Hal ini termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020.

Dalam aturan ini ada enam larangan bagi pesepeda. Di antaranya larangan menarik sepeda menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan yang membahayakan. Sepeda juga dilarang mengangkut penumpang lebih dari satu.

“Tidak boleh mengangkut penumpang lebih dari 2 orang kecuali dilengkapi tempat duduk untuk penumpang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi, dalam Pekan Sepeda Nasional 2020, Jakarta , Sabtu (17/10).

Pesepeda juga dilarang menggunakan atau mengoperasikan perangkat seluler saat bersepeda. Pesepeda juga dilarang menggunakan payung saat berkendara.

Namun, aturan ini tidak berlaku bagi mereka yang berdagang. Selain itu, dilarang berjajar lebih dari dua orang saat bersepeda. “Dilarang berjajar lebih dari 2 orang saat bersepeda,” kata dia.

Selanjutnya

aturan keselamatan telah terbit, pesepeda tidak boleh melakukan 6 hal ini

Pesepeda dilarang berdampingan dengan kendaraan lain. Kecuali, kata Budi, telah ditentukan oleh rambu-rambu lalu lintas.

Adapun ketentuan dalam bersepeda yang diatur dalam Permen ini yaitu menggunakan alat pelindung diri berupa helm. Pada kondisi malam hari, pesepeda menggunakan pakaian atau atribut yang dapat memantulkan cahaya.

Pesepeda juga harus menggunakan alas kaki. Terakhir, memahami dan mematuhi tata cara berlalu lintas.

Baca juga:
Penjualan Naik 1.000 Persen, Sepeda Menjadi Penggerak Ekonomi RI Saat Pandemi
Menteri Budi Dorong Pemimpin Daerah Beri Fasilitas Laik Pesepeda di Jalan
Kemenhub di Pekan Nasional Keselamatan Jalan: Tingkat Kecelakaan di RI Masih Tinggi
Menhub Budi Ajak Masyarakat Bersepeda Tingkatkan Imunitas Tangkal Covid-19
Menhub Budi Karya Jajal Integrasi Antar Moda Transportasi, Naik KRL hingga Bersepeda
Menhub Budi Ingin Masyarakat Bersepeda Tak Hanya Akhir Pekan
Pengetatan PSBB di Ibu Kota, Pengguna Sepeda Kian Ramai

Berita terkait: