AS Wajibkan Semua Penumpang Pesawat Tes Covid-19

Siapa pun yang terbang ke Amerika Serikat harus segera menunjukkan bukti tes negatif untuk Covid-19. Hal itu disampaikan pejabat kesehatan AS, Selasa (12/1/2021) waktu setempat.

Persyaratan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit diperluas seperti yang diumumkan akhir bulan lalu untuk penumpang yang datang dari Inggris. Pemberlakuan aturan baru itu akan berlaku dalam dua minggu.

Covid-19 sudah menyebar luas di AS, dengan lebih dari 22 juta kasus dilaporkan hingga saat ini, termasuk lebih dari 375.000 kasus kematian.

Langkah-langkah baru itu dirancang sebagai upaya mencegah pelancong membawa bentuk virus varian baru yang menurut para ilmuwan dapat menyebar dengan lebih mudah.

Perintah CDC berlaku untuk warga negara AS serta wisatawan asing. Badan tersebut mengatakan pihaknya menunda tanggal efektif hingga 26 Januari untuk memberi waktu kepada maskapai penerbangan dan pelancong untuk mematuhi.

Perjalanan internasional ke AS telah dihancurkan oleh pembatasan pandemi yang diberlakukan Maret lalu yang melarang sebagian besar warga asing dari Eropa dan daerah lain.

Tercatat, perjalanan orang asing ke AS dan warga Amerika ke tujuan internasional pada Desember lalu turun 76 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Berita terkait: