Arsenal cetak tiket babak gugur Europa setelah cukur Molde

Jakarta – Arsenal mencetak satu tiket ke babak gugur Liga Europa setelah mencukur tuan rumah Molde 3-0 dalam laga keempat Grup B di Stadion Aker, Norwegia, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Kemenangan itu membuat Arsenal bercokol di puncak Grup B dengan koleksi 12 poin penuh dan setidaknya bakal berada di dua teratas klasemen akhir nantinya, meski masih menyisakan dua laga untuk dijalani, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sedangkan Molde sementara masih berada di posisi kedua klasemen dengan koleksi enam poin, menanti hasil laga lain Rapid Wien (3) kontra Dundalk yang berlangsung lebih larut.

Baca juga: Arteta pasrah hadapi pertanyaan tentang situasi Ozil di Arsenal

Nicolas Pepe yang menjadi sorotan karena mendapat kartu merah dengan menanduk wajah bek Leeds United Elzgjan Alioski pada akhir pekan lalu, membayar lunas kesalahannya di pertandingan kali ini.

Setelah tembakannya membentur mistar gawang pada menit ke-48, dua menit kemudian Pepe betul-betul membuka keunggulan bagi Arsenal yang tampil dominan sejak awal laga.

Pepe mengendalikan umpan silang kiriman Joe Willock dengan satu sentuhan sebelum melepaskan tembakan melengkung yang bersarang ke pojok kiri atas gawang tak terbendung jangkauan kiper Andreas Linde.

Pada menit ke-53 Edward Nketiah menyambar bola muntah hasil tembakan Ainsley Maitland-Niles, tetapi gol itu dianulir karena ia terjebak offside.

Baca juga: Aubameyang semprot Kroos yang kritik selebrasi golnya
Baca juga: Maskot Arsenal Gunnersaurus kembali ke Stadion Emirates

Lantas dua menit berselang keunggulan Arsenal berganda saat Reiss Nelson menyelesaikan umpan tarik matang kiriman Willock di muka gawang tuan rumah.

Molde tak dibiarkan mendapat banyak kesempatan oleh Arsenal yang terus menjaga dominasi mereka hingga akhirnya tujuh menit jelang bubaran talenta muda Folarin Balogun mencetak gol debutnya untuk The Gunners dengan sepakan keras memanfaatkan umpan tarik dari Emile Smith-Rowe untuk melengkapi kemenangan tim tamu 3-0.

Dengan kepastian lolos ke babak 32 besar, manajer Mikel Arteta punya kesempatan untuk memberi menit bermain lebih kepada talenta-talenta muda Arsenal lainnya di dua laga sisa Europa.

Arsenal selanjutnya akan menjamu Rapid di Emirates pada Kamis (3/12) pekan depan, sedangkan kandang Molde kedatangan Dundalk.

Baca juga: Arteta ingin Arsenal tunjukkan semangat juang setelah kalah lagi
Baca juga: David Luiz kembali berlatih jelang Arsenal lawan Molde

Berita terkait: