Argentina Terbitkan Izin Pakai Vaksin Covid-19 Sinopharm

Pemerintah Argentina secara resmi menerbitkan izin pakai darurat vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Tiongkok, Sinopharm.

Seperti dilaporkan Xinhua , Senin (22/2), persetujuan itu tercantum dalam resolusi yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Argentina, Carla Vizzotti pada Minggu (21/2).

Resolusi itu ditandatangani oleh Vizzotti setelah Administrasi Nasional Obat, Makanan, dan Teknologi Medis menyarankan Kementerian Kesehatan untuk memasukkan vaksin Sinopharm ke dalam rencana inokulasi nasional melawan Covid-19.

Juru bicara menteri kesehatan menekankan bahwa uji klinis vaksin menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinopharm itu “aman dan efektif.”

BACA JUGA

Akibat Skandal Vaksin Covid-19, Menkes Argentina Mengundurkan Diri

Vaksin Sinopharm Tiongkok adalah vaksin resmi kelima yang disetujui Argentina, setelah vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin Sputnik V buatan Rusia, vaksin Astrazeneca buatan Inggris dan vaksin Covishield yang diproduksi oleh Serum Institute of India.

Menurut akun media sosial Presiden Alberto Fernandez, “lebih dari 700 ribu orang telah menerima dosis vaksin Covid-19. Lebih dari 400.000 orang telah menerima dua dosis tersebut dan mereka telah diimunisasi.”

“Tingkat vaksinasi akan dipercepat dengan datangnya lebih banyak vaksin di negara ini,” kata Fernandez.

Negara Amerika Selatan itu telah mendaftarkan 2.064.334 kasus infeksi dan 51.198 kasus kematian akibat penyakit Covid-19 pada Minggu (21/2) malam.

Berita terkait: