Apresiasi untuk Perjuangan Guru dan Kepala Sekolah

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar memberikan apresiasi bagi puluhan guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar.

Direktur GTK Dikdas, Rachmadi Widdiharto menjelaskan, kegiatan apresiasi adalah bentuk penghargaan kepada kinerja atau karya guru dan kepala sekolah pendidikan dasar yang telah mengembangkan profesi kependidikan dan berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang pendidikan.

“Ini adalah langkah awal mengemban amanah yang lebih berat lagi, memberdayakan ekosistem pendidikan sehingga student outcome dapat kita akselerasi bersama, demu mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik,” kata Rochmadi saat penghargaan Apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar, Jumat (20/11/2020).

BACA JUGA

Mendikbud: Januari 2021, Pembelajaran Tatap Muka Kembali Dilaksanakan

Rochmadi berharap, penghargaan ini dapat memberi semangat pada guru dan kepala sekolah mengajarkan siswa dan mengawal agar hak peserta didik tetap terlayani.

“Dalam pandemi ada pembelajaran yang bisa kita ambil. Semoga pandemi tidak mematahkan semangat untuk mengajarkan puteri puteri kita, untuk mengawal hak peserta didik tetap terlayani,” terangnya.

Selain itu, di masa pandemi pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran tatap muka baru berlaku di zona hijau dan kuning.

Lebih jauh ia menjelaskan, masa pandemi juga memberikan dampak positif di mana guru dan kepala sekolah kini semakin memanfaatkan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) serta lebih intens dalam membangun komunikasi dengan orang tua.

“Hal ini memberdayakan ekosistem pendidikan kita secara lebih strategis. Bapak Ibu tidak pernah berhenti untuk menginspirasi rekan guru yang lain. Kami sangat mengapresiasi peran aktif bapak ibu selama ini,” jelasnya.

BACA JUGA

Tingkatkan Kompetensi, Kalbis Institute Upayakan Lulusan Terserap Dunia Kerja

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana, Romi Siswanto menjelaskan, kegiatan Apresiasi bagi Guru dan Kepala Sekolah Pendidikan Dasar memberikan penghargaan pada delapan kategori yaitu Guru SD Inovatif, Guru SMP Inovatif, Kepala Sekolah SD Inovatif, Kepala Sekolah SMP Inovatif, Guru SD Inspiratif, Guru SMP Inspiratif, Kepala Sekolah SD Inspiratif, dan Kepala Sekolah SMP Inspiratif.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 1- 20 November 2020 tersebut diselenggarakan secara daring.

Berita terkait: