Apa Itu Keragaman Agama? Ini Definisi dan Kaitannya dengan Pancasila

– Apa itu keragaman agama ? Apakah artinya agama yang beragam atau bagaimana? Daripada salah memahami arti keragaman agama , simak penjelasan berikut.

Negara Kesatuan Republik Indonesia atau yang bisa disingkat dengan NKRI memiliki total penduduk sekitar 260 juta. Dengan jumlah penduduk yang tinggi, tentu rakyat Indonesia memiliki suku dan budaya yang sangat beragam.

Bahkan keberagaman ini juga membuat masyarakat memiliki perbedaan agama. Tercatat, setidaknya 6 agama besar yang diakui di Indonesia sesuai hukum yang berlaku.

Berikut penjelasan apa itu keragaman agama dan kaitannya dengan Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia.

Baca Juga: CEK FAKTA: Ada Acara Peragaan Busana Toleransi Antarumat Beragama?

Definisi Keragaman Agama

Apa arti keragaman agama? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Anda perlu tahu dulu definisi keberagaman dan keragaman.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mendefinisikan keberagaman sebagai suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari suku bangsa, RAS, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi dan lainnya.

Keberagaman suku seperti suku Jawa, Sunda, Betawi, Dayak, Kutai dan lainnya yang terbesar di seluruh kepulauan. Selain suku, rakyat Indonesia juga memiliki keberagaman agama yaitu terdiri atas agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu. Selain itu terdapat banyak aliran kepercayaan.

Sementara itu keragaman lebih menjurus pada kerukunan, sebagaimana dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sehingga definisi keragaman agama adalah kerukunan berbagai umat beragama meskipun masing-masingnya memiliki perbedaan kepercayaan. 

Baca Juga: Patut Dicontoh! Potret Toleransi Umat Beragama Kompleks Basis Cimahi

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan masyarakat sangat erat dengan keberagaman. Maka dari itu, pentingnya menghormati keberagaman yang ada dan saling toleransi di dalam kehidupan. Keberagaman merupakan sesuatu yang Indonesia miliki, dan menjadi fondasi kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain.

Toleransi dalam Keberagaman Beragama

Semboyan Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda-beda tetapi satu jua” merupakan wujud dari pengakuan adanya keberagaman yang ada. Tentunya dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan Indonesia, dibutuhkan usaha dari semua pihak untuk saling bertoleransi dan menghormati satu sama lain.

Bertoleransi dan menghormati sangat penting dilakukan karena keberagaman agama menjadi salah satu tantangan yang memungkinkan terjadinya miskomunikasi. Selain itu, mungkin pula muncul kekesalan karena tradisi ataupun ritual salah satu keyakinan yang mungkin tidak dapat diterima oleh agama lainnya.

Padahal, semua agama mengajarkan toleransi dan saling mengasihi dan membantu antar manusia. Tidak agama yang mengajarkan peperangan dan konflik. Sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, terutama pada kesatuan dan persatuan Indonesia ketika menjalankan kehidupan sehari-hari. Masyarakat senantiasa harus mengingat ini agar tidak muncul perasaan meremehkan keberagaman agama yang dimiliki di Indonesia.

Hak setiap individu untuk memiliki kepercayaan dan memeluk agama tertentu, maka masyarakat Indonesia juga harus mengingat bahwa setiap orang harus menghormati hak tiap individu. Jangan sampai tindakan kita melanggar hak-hak yang dimiliki oleh orang lain.

Sila Pancasila dari 1-5 merupakan pedoman hidup bagi bangsa Indonesia. Di sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa, namun di keempat sila lainnya mengatur tentang kehidupan masyarakat yang bersatu.

Kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman harus senantiasa menyeimbangkan antara semua norma dan ideologi yang ada. Melihat keberagaman sebagai sebuah keuntungan, bukan hal yang dapat memecah belah persatuan. Jangan sampai kita mementingkan satu hal tetapi melupakan untuk menghormati sekitar yang dapat menimbulkan perpecahan dan konflik.

Demikian penjelasan apa itu keragaman agama dan kaitannya dengan Pancasila. Sekarang anda sudah paham?

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Berita terkait: