Antisipasi Sebaran Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Tutup Sementara 2 Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (Dispusip) DKI Jakarta menutup sementara gedung layanan perpustakaan tingkat provinsi maupun kota administrasi. Kebijakan ini mengikuti ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta, Wahyu Haryadi, mengatakan ada dua perpustakaan yang ditutup sementara. Pertama, Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta yang terletak di Cikini dan Kuningan.

Kedua, Pusat Dokumen Sastra HB Jassin yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Menteng.

“Penutupan ini dalam rangka meminimalisasi pergerakan pemustaka yang berpotensi meningkatkan risiko penularan Covid-19. Sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelayanan perpustakaan secara tatap muka sampai waktu yang belum ditentukan,” kata Wahyu melalui keterangan tertulis, Kamis (17/9).

Meski dua perpustakaan ditutup sementara, Wahyu memastikan layanan kepada masyarakat tetap dapat berjalan. Masyarakat bisa mengakses layanan melalui aplikasi perpustakaan digital iJakarta.

iJakarta merupakan aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan e-book gratis. Masyarakat bisa membaca berbagai koleksi e-book yang tersedia secara legal dan gratis.

“Di situs webnya https://ijakarta.id, sobat literasi bisa menemukan buku yang diinginkan,” ujarnya. [lia]