Antisipasi Efek Samping Vaksinasi Covid-19, DKI Siapkan 21 RS Rujukan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 21 rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi dampak lanjutan atau efek samping dari vaksinasi Covid-19 . Rumah sakit rujukan tersebut, disiapkan untuk mengantisipasi kebutuhan perawatan akibat kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

“Kita telah disiapkan 21 rumah sakit rujukan KIPI untuk vaksinasi Covid-19 jika dibutuhkan perawatan akibat KIPI,” ujar Widyastuti dalam acara media briefing yang digelar secara virtual, pada Kamis (14/1/2021).

BACA JUGA

DKI Siapkan 488 Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi Covid-19

Widyastuti mengatakan, DKI Jakarta sudah mempunyai pengalaman dalam melakukan vaksinasi secara massal. Termasuk, kata dia, sumber daya manusia di fasilitas kesehatan juga telah berpengalaman. “Kita pernah melakukan vaksinasi program secara massal paling banyak sekitar 2 juta,” tuturnya.

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan, Dinkes DKI Jakarta bersama Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komda PP KIPI) juga telah mempersiapkan tim untuk melakukan monitoring dampak pasca-vaksinasi di setiap tingkatan administrasi. Komda PP KIPI, terdiri dari organisasi profesi di sektor kesehatan seperti dokter penyakit dalam, penyakit paru atau spesialis anak.

“Tim ini akan memberikan konsultasi, bimbingan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan yang kemungkinan akan mendapatkan kendala,” tandasnya.

BACA JUGA

Wagub DKI Ingatkan Penularan Covid-19 Lebih Cepat dari Penyediaan Faskes

Diketahui, Pemprov DKI telah menerima 120.040 vaksin Sinovac. Ribuan vaksin ini akan diberikan kepada 60.000 tenaga kesehatan dan 21 tokoh masyarakat.

Pemprov DKI telah menyiapkan 488 faskes tempat pelaksanaan vaksinasi dengan jumlah vaksinator sebanyak 1.500 orang dengan sasaran 19.741 target vaksin per hari.

Berita terkait: