Anti ‘Rewel’, 8 Tanaman Hias dengan Perawatan Mudah yang Cocok Buat Pemula

Berkebun tanaman hias di tengah pandemi, kenapa tidak? Menambah tumbuhan hijau di dalam rumah maupun di halaman bisa meningkatkan kualitas udara di sekitar tempat tinggal. Selain itu, aktivitas berkebun bisa membantu Anda melepaskan stres dan menggerakkan tubuh tanpa harus berolahraga di luar rumah.

Bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu langsung menanam tanaman hias yang sulit perawatannya seperti anggrek. Anda bisa memilih tanaman hias yang tidak ‘rewel’. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1. Kaktus

Ketahanan tanaman kaktus terhadap perubahan cuaca dan kelembapan yang rendah tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini sangat mudah dirawat. Anda bahkan tak perlu menyiramnya setiap hari.

Jenis kaktus yang cocok ditanam di pot antara lain Ariocarpus, Astrophytum, Cereus tetragonus, Echinocactus grusonii, dan Haworthia attenuata. Walaupun begitu, pastikan untuk menjauhkan tanaman kaktus dari jangkauan anak-anak.

2. Kamboja Jepang (Adenium)

Tanaman yang dikenal juga dengan nama adenium ini memiliki bunga berwarna putih bersemu merah. Selain warna bunganya yang cantik, tanaman hias ini juga memiliki bentuk batang yang unik seperti tanaman bonsai. Seperti kamboja biasa, tanaman ini tahan panas dan tidak memerlukan perawatan yang ribet.

3. Lidah Mertua

Tanaman Sansevieria yang juga dikenal dengan nama lidah mertua dan snake plant juga sangat mudah perawatannya. Tak hanya itu, tanaman ini juga mampu membersihkan udara. Dilansir Lifehack, lidah mertua bisa menyerap xylene, toluene, dan trichlorethylene dari udara di rumah.

4. Sirih Belanda

Tanaman sirih Belanda yang berdaun hijau mengkilat dengan semburat warna putih atau kuning cocok ditanam di pot gantung. Namun tanaman ini juga bisa dipajang di meja belajar atau meja kerja Anda di rumah.

5. Perennial Geranium

Tanaman yang juga dikenal dengan nama geranium abadi ini punya bunga cantik berwarna ungu, violet, atau pink cerah. Warnanya yang mencolok kerap menarik kupu-kupu. Tanaman ini paling bagus diletakkan di tempat yang teduh.

6. Million Bells

Ingin memiliki tanaman hias gantung yang selalu mekar dalam jumlah banyak? Kalau begitu Anda bisa mempertimbangkan million bells. Bunga million bells selalu berbunga banyak dengan daun dan akar yang tumbuh mengumpul. Jika ditanam di dalam pot, tanaman ini akan tampak seperti buket bunga. Corak warna bunganya pun beraneka ragam.

7. (Aglaonema) Sri Rejeki

Terdapat berbagai jenis tanaman sri rejeki yang ditawarkan di pasaran. Misalnya sir rejeki sinar bulan, bidadari, legacy, pride of Sumatra, lipstik, red kochin, dud anjamani, dan lady valentine. Tanaman hias ini juga dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya.

8. Peace Lily

Tidak hanya cantik, peace lily juga dikenal bisa membersihkan udara ruangan dengan sangat baik. Kemampuan peace lily dalam menyerap polutan dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Selain itu, bunga ini dapat mengontrol kelembapan di dalam ruangan.

Itulah beberapa tanaman hias dengan perawatan mudah yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah.

Reporter: Gilar Ramdhani
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Cara Menanam Wortel di Rumah, Cepat dan Mudah Dilakukan
Pestisida Adalah Pembasmi Hama Tanaman, Ketahui Definisi Hingga Jenisnya
Mengenal Nutrisi Hidroponik dan Cara Membuatnya Sendiri
Berani Berubah: Bertahan Hidup dari Lorong Sayur

Berita terkait: