Anies: Perkantoran Tempat Paling Rawan Penyebaran Covid-19

Kecepatan reproduksi (Rt) Covid-19 di Jakarta dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan. Pada awal PSBB Transisi Rt Jakarta sempat berada di angka 0,96.

“Lalu kemudian merangkak naik menjadi 1,15 pada 5 Juli 2020. Dan perhitungan terakhir Rt di Jakarta yakni pada 19 Juli adalah 1,11,” jelas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangannya yang dikutip dari akun Youtube pada Jumat (24/7/2020) malam.

Apa yang perlu perhatian kita? Anies menyebut ada tren peningkatan penyebaran kasus dalam dua minggu terakhir. Peningkatan terakhir ini sejalan dengan peningkatan mobilitas dan peningkatan aktivitas warga.

Dari temuan dengan melakukan testing seperti ini, aktivitas di perkantoran dan aktivitas di komunitas warga ini menjadi tempat yang paling rawan penyebaran virus Covid-19. Di tempat seperti ini harus jaga jarak, saling mengingatkan dan jangan pernah ragu untuk menegur sesama yang mungkin lalai menjalankan protokol kesehatan misalnya mengunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin.

“Pemprov akan terus menggiatkan penegakan protokol kesehatan di seluruh wilayah Jakarta. Hal itu dalam rangka memastikan bahwa warga seminim mungkin terdampak atas Covid-19,” katanya.

Berita terkait: