Alba tegaskan Barca telah kembali ke perburuan gelar

Jakarta – Pemain Barcelona Jordi Alba menyatakan bahwa timnya sudah kembali masuk perburuan gelar juara liga setelah menghempaskan Elche 3-0 dalam pertandingan Kamis dini hari tadi sehingga memangkas selisih poin dari pemuncak klasemen La Liga Atletico Madrid menjadi lima poin.

Setelah melalui awal musim yang buruk tim asuhan Ronald Koeman itu sudah memenangkan delapan dari total 10 pertandingan liga terakhirnya sehingga terus menempel tim Diego Simeone yang memuncaki klasemen.

Atletico memiliki satu pertandingan lebih dibandingkan dengan Barca namun sejak awal bulan ini performanya menurun dengan hanya memenangkan satu dari empat laga terakhir. Kepercayaan diri mereka juga tengah terpuruk setelah dibekuk Chelsea 0-1 dalam pertandingan Liga Champions.

“Perburuan gelar tengah berjalan,” kata Alba kepada wartawan setelah turut menciptakan gol ke gawang Elche menyusul dua gol yang dicetak Lionel Messi pada babak kedua.

Baca juga: Dua gol Messi bawa Barca kembali ke posisi ketiga

“Orang tidak memperhitungkan kami selama beberapa pekan dan bilang tetapi kami tahu adalah tergantung kami jika kami ingin terus bertarung di liga. Tim-tim lain terus tergelincir, cuma kami yang tidak,” sambung Alba seperti dikutip Reuters, Kamis.

Barca yang meloncati Sevilla ke posisi tiga berkat kemenangan itu dan kini dua poin di bawah Real Madrid, bahkan bisa lebih menempel lagi Atletico kalau saja tidak kebobolan saat ditahan seri 1-1 oleh Cadiz akhir pekan lalu.

Mereka terlihat gugup pada babak pertama melawan Elche itu dan tidak banyak menciptakan peluang sebelum kemudian mengungguli penuh lawannya itu pada babak kedua.

Baca juga: Cadiz nodai upaya Messi catatkan rekor penampilan di Barcelona

Koeman mengkritik penampilan anak buahnya pada babak pertama itu yang membuat Messi memarahi rekan-rekan satu timnya sebelum babak pertama berakhir. Koeman terkesan oleh reaksi para pemainnya.

“Semua orang bisa menyaksikan kami tidak bermain cukup cepat atau berintensitas pada babak pertama dan bagus saja Messi sebagai kapten meminta intensitas lebih,” kata Koeman.

“Kami ingin bermain bagus tetapi kadang-kadang lawan membuat hal itu sulit dan kami sudah memainkan banyak laga belakangan ini sehingga kelelahan. Kami manusia, bukan mesin, dan kadang-kadang Anda bermain lebih buruk dibandingkan dengan yang lain. Tetapi kami sudah menunjukkan karakter pada babak kedua,” pungkas Koeman.

Baca juga: Eks bek Barcelona sebut Antoine Griezmann telah salah pilih klub Baca juga: Real pangkas jarak dengan Atletico usai tundukkan Valladolid 1-0
 

Berita terkait: