Alasan Subsidi Gaji ke Nomor Rekening Bank Swasta Lebih Lama Diterima

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industri dan Jaminan Sosial (PHI & Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Haiyani Rumondang, memaparkan beberapa alasan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) dianggap lambat. Salah satunya karena calon penerima menggunakan rekening non bank BUMN atau Himbara seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

Dirinya menyebut penyaluran akan lebih cepat jika nomor rekening peserta penerima BSU menggunakan salah satu bank Himbara. Sementara untuk bank di luar Bank Himbara, tentunya prosesnya sedikit lebih lama karena pihaknya harus menyalurkan secara bertahap ke masing-masing bank yang bersangkutan.

“Penerimaan manfaat yang memang banknya sama dengan bank himbara tentu prosesnya langsung, tetapi dari bank penyalur ini ada penerima manfaat yang banknya tidak sama dengan bank himbara tadi misalnya bank swasta atau Bank pembangunan daerah atau bank lain-lainnya dari situ baru disalurkan,” jelasnya dalam diskusi Virtual Bicara Bantuan Subsidi Gaji/Upah dan Kartu Prakerja, Kamis (17/9).

Namun, dia menegaskan bukan berarti bank non himbara sangat lambat penyalurannya, melainkan setiap bank memiliki regulasi masing-masing. Paling lama pencairan bank non himbara sekitar 1-2 hari sejak disalurkan dibanding bank Himbara.

Faktor Lain

Selain itu, Kemnaker juga perlu melakukan validasi kelengkapan terlebih dahulu setelah mendapatkan data nomor rekening calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan. Meskipun di BPJS Ketenagakerjaan telah dilakukan validasi secara berlapis, Kemnaker secara internal tetap perlu memastikan kembali data tersebut memang valid dan tepat sasaran.

“Kami melakukan pengecekan maksudnya Kementerian Ketenagakerjaan ada unit yang bertanggung jawab terhadap data, unit tersebutlah atau badan perencanaan pengembangan melakukan yang namanya pengecekan kelengkapan persyaratan sesuai Permenaker yang dituangkan dalam juknis bahwa ada masa paling lama 4 hari dilakukan pengecekan,” kata Haiyani.

Setelah dilakukan pengecekan kelengkapan data oleh Kemnaker, barulah data diproses oleh tim Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dapat segera dicairkan dana subsidi upah/gaji kepada Bank Penyalur.

“Sebelum KPA secara teknis pengelola keuangannya untuk melakukan perintah pembayaran maka kelengkapan ini sangat penting. Kemudian diteruskan atau diminta dicairkan itu harus melalui kementerian keuangan KPPN,” jelasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Per 16 September, BPJamsostek Serahkan 11,8 Juta Nomor Rekening ke Kemenaker
BPJamsostek Coret 1,7 Juta Rekening Pekerja dari Daftar Penerima Subsidi Gaji
Menaker Kantongi 2,8 Juta Rekening Pekerja, Subsidi Gaji Tahap 4 Segera Cair
Penyaluran Dana PEN dalam Dua Minggu Tembus Rp14,4 Triliun, Termasuk Subsidi Gaji
Subsidi Gaji Tenaga Kerja Honorer Ditargetkan Cair Bulan Depan
Pemerintah Andalkan Program Subsidi Gaji dan Banpres Genjot Pertumbuhan Kuartal III
Subsidi Gaji Tahap III Sudah Ditransfer ke 3,5 Juta Pekerja

Baca Selanjutnya: Faktor Lain…

Halaman

  • 1
  • 2