Akun TikTok Anak di bawah 16 Tahun Akan Otomatis Jadi Privat

– Akun pengguna TikTok dengan usia di bawah 16 tahun akan secara otomatis diubah menjadi privat. Langkah ini diambil untuk meningkatkan perlindungan terhadap anak di bawah umur di dalam media sosial tersebut.

Seperti diwartakan BBC, Rabu (13/1/2021), akun-akun anak-anak di bawah 16 tahun ini hanya akan bisa diakses oleh pengguna yang diizinkan oleh pengguna akun. Demikian pun komentar hanya bisa diunggah jika diizinkan dan video-video di dalam akun tersebut tak akan bisa diunduh.

TikTok mengatakan perubahan itu diharapkan bisa mendorong pengguna untuk lebih aktif terlibat dalam mengawasi privasi mereka di dunia maya.

“Kami harap mereka terinspirasi untuk mengambil peran aktif dan membuat keputusan yang matang,” kata Elaine Fox, kepala bidang privasi TikTok.

Baca Juga: Tiktok Awards Indonesia 2020, Apresiasi untuk Para Konten Kreator

Adapun pemilik akun TikTok berusia antara 13 sampai 15 tahun masih akan bisa menerima komentar dan berhak memutuskan video mereka bisa diakses publik atau tidak.

Sementara mereka yang berusia 16 sampai 17 tahun akan diberi fitur khusus untuk mencegah orang lain mengunduh video mereka. Opsi cegah unduh ini bisa dimatikan oleh pemilik akun.

Langkah ini diambil TikTok setelah BBC melaporkan bahwa media sosial tersebut rentang dimanfaatkan oleh para predator seks yang mengincar anak-anak di bawah umur.

Berita terkait: