Aksi Balasan, Tiongkok Perintahkan AS Tutup Konsulat di Chengdu

Tiongkok memerintahkan Amerika Serikat menutup konsulat mereka di Chengdu, Jumat (24/7/2020). Instruksi ini dilakukan Tiongkok setelah AS memerintahkan Beijing menutup konsulat mereka di Houston, Rabu (22/7/2020).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Departemen Luar Negeri, diplomat AS di Tiongkok telah mendapatkan pemberitahuan pada Jumat (24/7/2020) bahwa Tiongkok telah membatalkan lisensi Konsulat di Chengdu. Tiongkok memerintahkan konsulat untuk menghentikan seluruh aktivitas mereka.

Masih dalam pernyataan yang sama Tiongkok menyatakan bahwa AS telah memprovokasi insiden tersebut dengan memerintahkan penutupan konsulat di Houston – sebuah aksi yang menurut Beijing telah “secara serius melanggar hukum internasional dan norma dasar hubungan internasional.”

“Situasi antara Tiongkok dengan Amerika Serikat adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh Tiongkok dan tanggung jawab tersebut berada di pihak AS,” demikian pernyataan dari Departemen Luar Negeri Tiongkok.

“Kami kembali menegaskan agar AS segera membatalkan keputusan agar tercipta kondisi yang dibutuhkan agar hubungan bilateral ini dapat kembali normal.”

Dalam konferensi pers, Jumat (24/7/2020), Juru Bicara Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin menuduh bahwa staf Konsulat AS di Chengdu telah melakukan interfensi masalah dalam negeri Tiongkok dan membahayakan masalah keamanan dalam negeri Tiongkok.

Wang menambahkan bahwa penutupan Konsulat AS di Chengdu adalah respon yang legal dan dibutuhkan.

Pihak AS telah melakukan tuduhan yang sama mengenai aktivitas diplomat Tiongkok di Konsulat Houston yang disebut telah bertindak di luar batas dan melakukan aktivitas spionase.

Pihak Departemen Luar Negeri AS belum memberikan komentar mengenai tindakan Beijing tersebut.

Berita terkait: