Ajax curi satu poin dari PSV berkat penalti menit terakhir

Jakarta – Ajax Amsterdam mencuri satu poin dari kandang PSV Eindhoven setelah memaksa hasil imbang 1-1 berkat penalti pada menit akhir pertandingan kala keduanya bertemu pada pekan ke-24 Liga Belanda di Stadion Philips, Minggu.

Ajax yang tampil dominan harus tertinggal lebih dulu lewat gol Eran Zahavi sejak menit ke-39, tetapi pada masa injuri PSV menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Dusan Tadic.

Hasil ini membuat Ajax tetap menjaga selisih poin di puncak klasemen dengan torehan 57 poin atau terpaut enam angka dari PSV yang menguntit di bawahnya, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Ajax menggembrak sejak awal laga dan menciptakan empat peluang hingga 10 menit pertama. Tetapi serangan mereka tidak  membahayakan gawang PSV dan sepakan spekulasi kerap tak tentu arah.

Sebaliknya PSV yang tertekan berupaya mengembangkan permainan dan tak meladeni strategi tim tamu yang bermain dengan tempo tinggi. Peluang pertama mereka baru tercipta pada menit ke-23 lewat sepakan Denzel Dumfries, tetapi bola masih bisa ditepis Maarten Stekelenburg.

Baca juga: Tren positif Utrecht terhenti setelah dipecundangi tim juru kunci

Ajax hampir saja memecah kebuntuan pada menit ke-36. Berasal dari tendangan sudut, sundulan Lisandro Martinez menyamping tipis di sisi kanan gawang Yvon Mvogo.

Setelah itu, PSV mendapat peluang emas saat mendapat tendangan bebas dekat dengan kotak penalti. Eran Zahavi yang mengambil bola mati, sukses mengonversinya menjadi gol dan tendangannya hanya membuat Stekelenburg terdiam. Skor 1-0 menutup paruh pertama.

Pada babak kedua, Ajax tak mengendurkan serangan dalam upaya menyamakan kedudukan. Edson Alvarez hampir saja menjebol gawang PSV, sayang bola hasil sundulannya berada tipis di atas mistar gawang.

Begitu pula dengan upaya Sebastien Haller yang menerima umpan silang Dusan Tadic, sundulannya juga masih menyamping di sisi kanan gawang Yvon Mvogo.

PSV sebenarnya mampu menjebol gawang Ajax untuk kedua kalinya pada menit ke-78, sayang gol tersebut dianulir wasit karena tangan Yorbe Vertessen terlihat mengenai bola sebelum melepaskan sepakan.

Dua poin tergelincir di tangan PSV ketika Denzel Dumfries kedapatan melakukan pelanggaran Handball di dalam kotak penalti atas bola sepakan Davy Klaassen. Dusan Tadic yang menjadi eksekutor sukses memupus kemenangan PSV yang tinggal di depan mata.

  Baca juga: PEC Zwolle akhiri tren buruk saat hantam Heerenveen 4-1

Berita terkait: