800 Penonton Konser Boyband di Jepang Kemungkinan Tertular Virus Corona

– Sekitar 800 penonton konser boyband The Jinro dikhawatirkan terinfeksi virus corona karena salah satu member band asal Jepang ini dinyatakan positif corona.

Menyadur US News pada Selasa (14/07/2020), pejabat kesehatan Tokyo meminta ratusan orang yang terlibat dalam konser itu agar segera melakukan tes corona, termasuk penonton dan tim produksi.

Rise Communications selaku tuan rumah konser tersebut mengatakan ratusan orang yang menikmati konser itu masuk dalm klasifikasi ‘kontak beresiko tinggi’

“Mengikuti sejumlah besar infeksi yang terlihat di antara penonton kami, kami memberitahu bahwa semua 800 penonton yang datang untuk melihat pertunjukan telah diidentifikasi sebagai kontak berisiko tinggi,” tulis Rise Communivations di website resminya.

“] Ilustrasi penonton konser. [Instagram]

Harian The Mainichi menulis konser The Jinro diselenggarakan di Teater Shinjuku Moliere dari 30 Juni hingga 5 Juli. Infeksi pertama terjadi pada 6 Juli yang dialami oleh member The Jinro.

Pengujian menemukan 20 kasus lain yang terkait pada Senin malam. Semua orang yang terlibat dalam konser lantas dites. hasilnya, 27 orang dikonfrmasi terinfeksi virus corona pada 13 Juli.

Ini adalah kasus pertama waktu di Tokyo yang terjadi di teater. Pemerintah Tokyo meminta teater ditutup untuk sementara agar virus tak menular lebih luas.

Jalan yang hampir kosong terlihat setelah pemerintah mengumumkan darurat negara menyusul penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di distrik hiburan dan perbelanjaan Kabukicho, di Tokyo, Jepang, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato Jalan yang hampir kosong terlihat setelah pemerintah mengumumkan darurat negara menyusul penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di distrik hiburan dan perbelanjaan Kabukicho, di Tokyo, Jepang, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato

Tokyo berjuang menekan infeksi virus, sementara rute perjalanan menuju dan dari kota ini terus terbuka.

NHK melaporkan, Bandara Internasional Narita, salah satu dari dua bandara utama di jepang akan dibuka kembali menjelang liburan minggu depan.

Tokyo melaporkan 119 kasus baru virus corona pada hari Senin. Secara keseluruhan, Jepang sudah melaporkan sekitar 23 ribu kasus dan hampir 1.000 kematian.

Berita terkait: